Liburan Sekolah Ala Anak-anak Kalianda

Editor: Mahadeva WS

LAMPUNG – Menikmati libur sekolah, seusai ujian kerap dilakukan anak-anak di wilayah Kalianda, Lampung Selatan. Pantai di kawasan tersebut, menjadi pilihan para anak-anak tersebut.

Irfan, salah satu anak warga Kalianda, yang duduk di kelas 6 SD menyebut, lokasi liburan yang dipilih adalah Pantai Kalianda. Tepatnya pantai yang ada di tepi jalan lintas pesisir Kalianda-Rajabasa. Pantai di perbatasan kelurahan Kalianda dan desa Maja tersebut memiliki pasir putih, cocok untuk bermain bersama teman sebayanya.

Selain mencari ikan, berenang, kegiatan rekreatif yang sering dilakukan adalah bermain sepak bola. “Kami bermain sepak bola bersama, sekaligus untuk menikmati liburan agar ada suasana berbeda. Biasanya bermain di lapangan rumput, kami coba bermain di pantai yang berpasir, lebih menyenangkan,” terang Irfan, saat ditemui Cendana News di Pantai Desa Maja, Minggu (9/12/2018).

Pantai menjadi pilihan, karena lokasinya dekat dengan rumah. Selain itu, untuk masuk ke lokasi pantai, mereka tidak dikenakan biaya. Kondisi pantai juga memiliki ombak yang tenang dan landi.

Muhamad Arvia, siswa kelas 8 SMP di Kalianda menyebut, rekreasi di pantai merupakan rekreasi praktis. Bersama kawan-kawannya, ia hanya butuh berjalan kaki dari rumah, yang berjarak sekira dua kilometer dari pantai. “Sembari menunggu memasang perangkap ikan dan jaring kami bermain sepak bola mini sebagian bertugas menggiring ikan,” bebernya.

Bermain di pantai menjadi cara berrekreasi, setelah sepekan bersekolah. Meski memiliki cara berlibur yang sederhana, puluhan anak-anak di wilayah tersebut, tetap menjaga kebersamaan. Di pantai kerap dipenuhi sampah yang terbawa arus, sehingga mereka harus membersihkannya terlebih dahulu sebelum bisa bermain. Sampah plastik berupa botol air mineral dikumpulkan, sementara kayu kering dipakai untuk kayu bakar.

Seusai bermain sepak bola mini, anak-anak akan menggiring ikan di pantai yang dangkal. Beberapa jenis ikan karang yang kerap diperoleh, baronang, kerapu, kepiting serta udang kecil. Saat hasil tangkapan minim, sebagian anak-anak mencoba membantu di pelelangan ikan dermaga bom Kalianda.

Lihat juga...