Lima WN Malaysia Diamankan Satgas Pamtas

Ilustrasi penahanan – Foto: Dokumentasi CDN

PONTIANAK — Satgas Pamtas Yonif 320/Badak Putih yang bertugas melaksanakan Operasi Pengamanan Perbatasan RI Malaysia di sektor Timur antara wilayah Kalimantan Barat – Sarawak telah menangkap lima warga Malaysia karena telah melakukan kegiatan legal logging di wilayah Indonesia.

“Kelima WN Malaysia tersebut ditangkap tanggal 11 Desember 2018, atau di sekitar patok G.648 yang merupakan wilayah tanggung jawab pengawasan Pos Pamtas Enteli,” kata Kapendam XII/Tanjungpura, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe di Pontianak, Senin (24/12/2018).

Ia menjelaskan, berdasarkan laporan dari Dansatgas Pamtas RI-Malayasia Yonif 320/BP, Letnan Kolonel Inf Imam Wicaksana kelima WN Malaysia tersebut tertangkap tangan sedang memuat balok-balok kayu jenis tekam hasil ilegal logging itu ke atas kendaraan.

“Terungkapnya aktivitas ilegal logging tersebut setelah dilakukannya Patroli rutin oleh personel Pos Enteli Satgas Yonif 320/BP yang menemukan sisa-sisa balok kayu, jeriken BBM dan botol air mineral berisi pelumas serta tonggak kayu yang telah di tebang di wilayah Indonesia yang berada sekitar Patok G.647 G.648,” katanya.

Selanjutnya kelima warga negara Malaysia yang ditangkap tersebut dibawa ke Pos Enteli beserta kendaraan Toyota Hilux SC Noreg QAA 1282 T dan sekitar satu meter kubik balok kayu sebagai barang bukti guna diadakan pemeriksaan lebih lanjut.

Saat dilakukan pemeriksaan kepada kelima warga Malaysia tersebut, mereka mengakui telah melakukan ilegal logging di wilayah Indonesia, selanjutnya terkait terjadinya penangkapan tersebut, Kolakopsrem 121/Abw, pada tanggal 12 Desember melakukan koordinasi dengan 3 Briged TDM (Tentara Diraja Malaysia.

Lihat juga...