Longsor Robohkan Jembatan di Bener Meriah

Ilustrasi - Dok CDN

BANDA ACEH – Bencana tanah longsor terjadi di wilayah dataran tinggi Aceh. Bencana tersebut, merobohkan satu jembatan, yang menghubungkan jalan lintas nasional Kabupaten Bireuen-Aceh tengah. Jembatan tersebut, tepatnya berada di Desa Jamur Ujung, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Teuku Ahmad Dadek, mengatakan, peristiwa longsor tersebut, telah mengakibatkan bahu di ruas jalan Bireuen-Aceh Tengah sepanjang 30 meter amblas. “Akibat hujan lebat secara terus menerus dalam sepekan terakhir, sehingga pergerakan tanah menjadi labil, menyebabkan tanah longsor, dan meningkatnya debit air sungai setempat, sehingga terjadi banjir bandang pada Rabu (19/12/2018),” ungkapnya.

Menurutnya, bahu jalan lintas nasional yang amblas, sepanjang 200 meter, berada tidak jauh dari lokasi robohnya jembatan di Jamur Ujung. Hal itu membuat akses ke Bireuen atau Takengon terganggu. Masyarakat harus melewati jalan alternatif. Masih di desa yang sama, peristiwa tanah longsor juga telah menyebabkan dua unit rumah amblas. Sehingga ada dua Kepala Keluarga (KK) yang menjadi korban. Sedangkan di Dusun Darus, Desa Nosar, Kecamatan Permata, Bener Meriah, dilaporkan satu unit rumah terendam banjir bandang.

Lihat juga...