Maksimalkan Anggaran 2018, DPU Papua Rampungkan Pembangunan Drainase

BIAK – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Provinsi Papua tengah merampungkan pembangunan drainase di sejumlah distrik di Kabupaten Biak Numfor, yang didanai dari anggaran 2018.

“Sesuai hasil koordinasi dengan Dinas PU Papua lokasi pembangunan drainase di wilayah Distrik Biak Kota dan Distrik Samofa tersebar 12 titik,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Biak Numfor, Ricky Mailoa, ketika dihubungi di Biak, Minggu.

Ia mengatakan, drainase yang sedang dirampungkan pembangunannya itu untuk mengurangi kelebihan air dari suatu kawasan atau lahan yang rentan memicu banjir.

Fungsi lainnya yakni sebagai pengendali air permukaan tanah agar terhindar dari jalan becek, genangan air/banjir hingga menurunkan permukaan air tanah pada tingkat yang ideal.

“Untuk konsultan dan pelaksana pekerjaan pembangunan sarana drainase di Biak Kota dan Samofa ditangani langsung Dinas PU Papua,” ujar Ricky Mailoa.

Ia berharap fasilitas drainase yang dibangun Dinas PU Papua dapat segera rampung sesuai jadwal sehingga dapat mengurangi genangan air ketika hujan seperti di Jalan Sisingamangaraja mulai depan Gereja GKI Maranatha hingga area pertokoan kawasan Lanud Manuhua.

Hingga kini pekerjaan pembangunan drainase itut masih berlangsung di Jalan Sisingamangaraja (depan pertokoan pangkalan udara Manuhua Biak), dan di Jalan Condronegoro (mulai Kampung Snerbo distrik Samofa). (Ant)

Lihat juga...