Malam Tahun Baru, Pemprov DKI Gelar Doa Bersama Korban Tsunami

Editor: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta siap menggelar Acara Malam Pergantian Tahun Baru 2019.

Pemprov bakal menyelenggarakan rangkaian acara pergantian tahun di sepanjang jalan mulai Jalan Medan Merdeka Barat (Pintu Barat Daya Monas) – Jalan MH. Thamrin (Bundaran HI) – Jalan Jenderal Sudirman sampai dengan Dukuh Atas.

Seluruh rangkaian acara malam pergantian tahun baru 2019 dilaksanakan pada hari Senin 31 Desember 2018 dimulai pukul 19.00 sampai dengan 24.00 WIB. Rangkaian perayaan malam pergantian tahun baru Pemprov DKI Jakarta juga akan mengadakan doa bersama untuk para korban tsunami di Banten.

“Kita juga menggelar doa bersama untuk saudara kita yang tertimpa musibah tsunami di Pandeglang, Banten. Doa bersama akan dilakukan pada pukul 24.00 WIB bertempat di Panggung Utama Bunderan Hotel Indonesia,” ujar Kepala Biro Tata Pemerintahan Sekda Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari, melalui pesan singkat di Jakarta, Sabtu (29/12/2018).

Kata Premi, seperti tahun sebelumnya juga, Pemprov selalu melaksanakan kegiatan nikah massal di lapangan parkir Thamrin 10 dengan menghadirkan penceramah kondang Aa Gym yang memberikan nasihat pernikahan.

Total peserta 557 pasangan dengan rincian peserta nikah massal 221 pasang dan peserta isbat nikah 336 pasang.

“Peserta juga akan mendapatkan bingkisan serta uang sebesar Rp 500.000. Warga yang datang pun dapat menikmati Bazar UMKM yang berasal dari perwakilan 44 Kecamatan dan Binaan UMKM (total 70 tenda) yang akan digelar di sekitar area depan Lapangan Parkir Thamrin 10,” ujarnya.

Diketahui, kata Premi, Pemprov DKI Jakarta menyiapkan empat panggung hiburan yang dimulai dari pintu Monas Barat Daya sampai dengan Bundaran HI. Selain Panggung Hiburan, terdapat juga Pertunjukan Musik Tepi Barat dan Tepi Timur di sepanjang Jalan M.H. Thamrin.

Berikut rincian panggung hiburan yang diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta; panggung hiburan di Bunderan Hotel Indonesia, panggung hiburan pintu masuk Monas Barat Daya, panggung hiburan perempatan ujung Jalan Kebon Sirih, dan panggung hiburan perempatan ujung Jalan K.H. Wahid Hasyim.

Premi menjelaskan, dasar hukum penyelenggaraan acara ini adalah Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 125 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Acara Malam Pergantian Tahun Baru 2019.

“Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga telah menginformasikan kepada pengelola gedung-gedung sekitar Jalan M.H Thamrin melalui Surat Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 2228/-1.855.1 tanggal 28 Desember 2018 hal Pemberitahuan Penyelenggaraan Rangkaian Kegiatan Acara Malam Tahun Baru 2019,” pungkasnya.

Sementara, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan, Sigit, mengatakan, sudah menyiapkan lokasi parkir untuk masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi. Serta melakukan rekayasa lalu lintas dan menutup jalan di lokasi acara tersebut secara bertahap, mulai 31 Desember 2018 pukul 17.00 WIB s.d 1 Januari 2019 pukul 01.00 WIB dengan memperhatikan situasi di lapangan.

“Sebagai upaya memberi kenyamanan bagi masyarakat yang datang serta untuk mengondisikan lokasi acara dari kendaraan bermotor untuk selanjutnya dilakukan persiapan acara,” ungkapnya.

Lihat juga...