Manisnya Dodol Naga Asal Banyuwangi

Editor: Satmoko Budi Santoso

BANYUWANGI – Siapa yang tidak kenal dengan buah naga? Boleh jadi hampir semua dari kita pernah atau bahkan menyukai buah ini.

Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu daerah penghasil buah di Indonesia. Terdapat banyak petani yang membudidayakan jenis tumbuhan kaktus ini. Salah satunya di Desa Sumbermulyo Kecamatan Pesanggrahan.

Potensi buah naga dimanfaatkan oleh  warga untuk berinovasi membuat bahan olahan menjadi produk Usaha Kecil Menengah (UKM) yang memiliki harga kompetitif.

Hal tersebut dilakukan oleh sebuah Kelompok Paguyuban UMKM di Banyuwangi. Kelompok tersebut merupakan binaan  PT Bumi Suksesindo (BSI). Sudah beraneka ragam produk olahan berhasil diciptakan. Misalnya menjadi dodol dan suwar suwir.

Ketua Paguyuban UMKM Center Banyuwangi Selatan, Agustin, menjelaskan, buah naga didapat dari warga setempat yang memang menjadi petani dadakan. Bahan olahan yang dibuat salah satunya adalah dodol buah naga.

Ketua Paguyuban UMKM Center Banyuwangi Selatan, Agustin.-Foto: Sultan Anshori.

“Karena potensi yang ada sebagai penghasil buah naga. Termasuk di desa kami adalah buah naga. Hampir dari seluruh penduduk menanam pohon buah naga. Baik di lahan pertanian maupun di pekarangan rumah masing-masing. Potensi inilah yang coba dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan terobosan baru di bidang pertanian. Terutama di saat harga buah naga di pasaran turun,” ucap Agustin, saat ditemui, Minggu (23/12/2018) pagi.

Lihat juga...