Masyakarat Sambut Tahun Baru di Plaza Tugu Api Pancasila, TMII

Editor: Mahadeva

JAKARTA – Taman Mini Indonesia Indah (TMII), menjadi pusat keramaian masyarakat menyambut tahun baru 2019. Warga berbondong-bondong mendatangi TMII, menjelang detik-detik pergantian tahun. Pengunjung, sudah memadati TMII, sejak Senin (31/12/2018) sore. Warga datang bersantai bersama keluarga, di Plaza Tugu Api Pancasila. Pengunjung duduk santai di atas tikar, yang dibeli di sekitar lokasi.

Keceriaan terlihat, saat anak-anak kecil berlarian di area Plaza, sembari memegang kincir mainan yang dihiasi kedipan lampu warna-warni. Sebagian dari mereka, ada yang menerbangkan pesawat terbang mainan berbahan gabus.  “Saya bersama keluarga selalu malam tahunan baruan di Taman Mini, ya di area Plaza Tugu Api Pancasila, nggak sampai ke dalam area. Di sini juga sudah ramai kok,” ujar Iwan, salah satu pengujung, kepada Cendana News, Senin (31/12/2018).

Warga Pondok Gede tersebut berharap, pagelaran seni budaya bisa diadakan di Plaza Tugu Api Pancasila. Keberadaan gelar budaya malam tahun baru di bagian dalam atau di belakang area TMII, dirasakannya sangat jauh, dan mengharuskan pengunjung berputar untuk bisa mencapai lokasi pertunjukan.  “Saya sih, berharap acara budaya malam tahun baru bisa digelar di plaza ini, pasti bagus banget. Sambil santai, kita bisa nonton, pengunjung terhibur,” tandasnya.

Dwisanti, warga Banyumas, melepas pergantian tahun di TMII. Dia sudah sepekan berada di Jakarta, tepatnya di daerah Cimanggis, di rumah saudaranya, agar bisa merayakan malam tahun baru di TMII. “Saya dan suami ingin malam tahun baruan di Taman Mini. Ini datang bersama keluarga. Pengen nonton wayang kulit, Ki Mantap, dalangnya keren,” ujar Dwi kepada Cendana News.

Dwi memilih menghabiskan waktu pergantian tahun di TMII, karena jarak yang dekat dengan rumah saudaranya. “Cari yang dekat-dekat saja, kalau ke Ancol, takut cuaca ekstrim, angin kencang ini,” ujarnya.

Kepala Bidang Humas TMII, Jerrymias PT. Lahama, mengatakan, pengunjung hingga malam terus berdatangan ke TMII. Di malam tahun baru, TMII menggelar ragam hiburan di beberapa titik. “Untuk wayang kulit saja ada di tiga titik, yaitu Candi Bentar, Anjungan Jawa Tengah dan Jawa Timur,” ungkapnya.

Pada Senin (31/12/2018), hingga pukul 18.00 WIB, tercatat jumlah pengunjung yang datang mencapai 44.027 orang. Total pengunjung pada pekan libur natal dan tahun baru telah mencapai 593.043 orang.  Jumlah tersebut, sudah melebihi target 450 ribu pengunjung yang ditetapkan sebelumnya. Namun, dipastikan hingga malam pengunjung akan membeludak.

Apalagi pergantian tahun akan dimeriahkan dengan pesta kembang api sebanyak 6.422 tembakan, yang berfokus di Danau Miniatur Arsipel Indonesia. Perayaan tahun baru di TMII dijaga sekira 500 personel polisi. Dilibatkan juga anjing pelacak K-9, dan juga disiagakan mobil water canon.

Lihat juga...