Mekarsari Beri Edukasi Fauna pada Pengunjung

Editor: Satmoko Budi Santoso

BOGOR – Taman Buah Mekarsari memberikan kesempatan pada pengunjung untuk menikmati sisi lain dari Mekarsari dengan menghadirkan program kanal zone.

Marketing Communication Taman Buah Mekarsari, Firman Setiawan, menyatakan,  tujuan diadakannya perjalanan kanal yang menghubungkan dua danau milik Mekarsari ini adalah supaya pengunjung tahu bahwa di Mekarsari bukan hanya ada tanaman dan bunga saja. Tapi ada juga beragam fauna yang menarik.

Firman menjelaskan bahwa danau kecil tempat dermaga kanal zone bernama Danau Wisatama dan danau besar bernama Danau Mekarsari.

“Jika beruntung kita bisa melihat biawak yang sedang berenang ataupun tidur di batang-batang pohon yang tumbuh di sepanjang pinggir kanal. Ukurannya pun bervariasi, ada yang kecil tapi ada juga yang besar. Besarnya bisa mencapai seukuran betis,” kata Firman di perahu yang berkapasitas 18 orang, Minggu (30/12/2018).

Markom TBM, Firman Setiawan, saat menjelaskan kepada para pengunjung tentang beberapa varietas fauna yang ada di sepanjang kanal zone – Foto Ranny Supusepa

Ada sekitar 25 jenis burung yang juga dapat dilihat saat perjalanan kanal zone ini. Seperti burung Koa Abu, Pucuk Ular, Trutu Coklat, Bangau dan Raja Udang Biru.

“Kita mulai menyadari banyaknya varietas burung ini sekitar 3 tahun yang lalu, yaitu 5 tahun setelah pembukaan kanal. Mereka ada di sini itu secara alami. Mungkin karena adanya persediaan makanan untuk mereka pada ekosistem danau ini,” kata Firman seraya menunjukkan beberapa burung Koa Abu yang hinggap di ranting.

Perjalanan melewati kanal yang memiliki kedalaman 2 meter ini memakan waktu sekitar 15 menit dengan jarak tempuh 1-2 km.

“Luas danau Mekarsari ini adalah 25 hektar dan Danau Wiratama sekitar 2,5 hektar. Kedalamannya bervariasi antara 3-30 meter. Karena itu kita mewajibkan pengunjung untuk menggunakan life vest,” ujar Firman.

Inventarisasi fauna yang ada di sekitar danau menurut Firman pernah dilakukan oleh 30-50 mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang menginap selama 3 hari di Mekarsari.

“Mereka meneliti dan mencatat semua flora dan fauna yang ada di sekitar danau. Ya biawak, kupu-kupu, hingga kunang-kunang yang sudah jarang ditemukan di area perkotaan. Tapi memang yang paling banyak sih burung. Terutama sore hari seperti sekarang,” ungkap Firman.

Animo pengunjung pada program kanal zone ini cukup tinggi. Terlihat dari antrean yang menunggu di dermaga kanal zone, area Family Garden Taman Buah Mekarsari.

“Kalau libur panjang seperti sekarang, bisa mencapai 500 pengunjung per hari. Kalau hari libur biasa, sekitar 150-200 pengunjung. Kita menyediakan dua kapal khusus untuk program kanal zone ini. Selain kanal zone, pengunjung juga bisa menikmati perahu naga, speed boat dan perahu angka di wilayah Danau Mekarsari,” papar Firman.

Salah satu pengunjung, Rina, menceritakan bahwa ini merupakan pengalaman pertamanya menaiki kapal kanal zone. Walaupun dirinya sebenarnya sedikit takut untuk naik perahu.

“Enak juga sih Mbak pas sudah nyoba. Ini saya langsung foto dan upload ke instagram saya,” ujarnya sambil mengunggah foto selfie yang baru saja dilakukannya.

Lihat juga...