Memancing, Alternatif Isi Akhir Pekan di Jambi

Ilustrasi memancing di kolam - Dok CDN

JAMBI – Wisata pemancingan, semakin populer menjadi alternatif pengisi liburan akhir pekan bagi keluarga di Kota Jambi.

“Setiap akhir pekan banyak keluarga yang menyempatkan diri untuk memancing, juga korporasi atau lembaga,” kata Diana, salah seorang pengelola kolam pemancingan Roemah Keboen di kawasan Jambi Selatan Kota Jambi.

Puluhan titik lokasi pemancingan bermunculan di Kota Jambi. Khususnya di kawasan Jambi bagian selatan dan di Kumpeh Kabupaten Muarojambi. Selain menyediakan kolam pemancingan, sejumlah pengelola juga mengemas kawasan dengan memadukannya bersama restoran dan area rekreasi. Kawasan asri yang mengapit lembah, dengan delapan kolam ikan, yang dilengkapi saung-saung tempat makan pengunjung, selalu ramai dikunjungi pelancong setiap akhir pekan. “Sudah sekitar dua tahun ini kami beroperasi, fokus kami buka pada Sabtu dan Minggu,” tambah Diana.

Selain kolam pemancingan dan fasilitas rumah makan, juga terdapat arena taman bermain dan outbound bagi anak-anak. Selain itu, kehadiran puluhan kebun nangka cempedak menjadi keunikan kawasan itu. “Kebetulan cempedaknya tengah berbuah, juga ada durian dan pohon buah bacan. Bagi pemancing bisa membayar berdasarkan ikan yang diperoleh, bisa juga booking satu kolam,” kata wanita berjilbab itu.

Pemancing akan dikenai tarif Rp35.000 hingga Rp75 ribu untuk satu kilogram ikan yang berhasil diangkat atau dipancing, tergantung jenis ikan. Sedangkan bila dimasak di tempat pengelola mengenakan tarif tambahan Rp35 ribu per kilogram. Sedangkan di lokasi lainnya menerapkan variasi harga dan sistem pemancingan yang berbeda-beda. Namun, semuanya tetap menjadikan berat ikan yang diambil pemancing sebagai dasar pengenaan tarif.

Bagi mereka yang tidak membawa alat pancing, bisa menyewa dari pengelola kolam dengan harga yang tidak terlalu mahal. Termasuk membeli umpan untuk memancing. “Kami sering memancing di kolam pemancingan Atlantis di Kota Baru, setiap akhir pekan memang ramai pengunjung,” kata Dikdik, warga Jalan Siswa Kota Jambi, penggemar memancing. (Ant)

Lihat juga...