Mencicipi Gurihnya Nugget Jamur Cikiwul

Editor: Mahadeva WS

BEKASI – Kandungan protein yang dimiliki jamur tiram putih, menjadikannya dapat dimanfaatkan sebagai sumber pengganti daging yang murah. Hal itu dimanfaatkan Mpo Omah, yang sukses menjadikan Jamur Tiram sebagai olahan Nugget.

Olahan Nugget Jamur, Mpo Omah. Selain cryspi juga enak dikonsumsi saat santai – Foto M Amin

“Kreasi Nugget Jamur Tiram, cukup diminati. Terutama mereka yang tidak mengkonsumsi daging. Nugget jamur bisa jadi bahan pengganti daging,” kata Mpo Omah, pencetus Nugget Jamur di Kelurahan Cikiwul, Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (15/12/2018).

Jamur tiram, selain diolah menjadi nugget, bisa dibuat sate jamur, bakso krispi, puding jamur dan keripik. Khusus untuk nugget, disamping mudah pembuatannya, nuget jamur bisa bertahan lama. Bahan baku pembuatan Nugget Jamur, jamur tiram, tepung terigu, tepung roti, garam cabai, daun bawang, seledri dan rempah-rempah. Semua bahan tersebut diadon menjadi satu menggunakan mesin, lalu dibentuk dengan mempergunakan cetakan khusus sesuai selera.

“Nugget Jamur, banyak menggunakan telor, karena untuk adonan dan bahan olesan. Untuk satu kilogram jamur bisa jadi sepuluh kemasan dengan berat 250 gram. Nugget olahan ini harus digoreng dulu sebelum di nikmati,” ujar Mpo Omah.

Untuk mengkonsumsi jamur krispi, agar menambah sensasi kegurihannya dapat dinikmati dengan saos pedas. Nugget jamur bisa bertahan satu bulan jika disimpan dalam lemari pendingin. Mpo Omah, menjual nuger jamur ukuran 250 gram dengan harga Rp15 ribu. Banyak ibu-ibu yang hanya membeli olahan dasar, yang kemudian dipasarkan lagi dengan kemasan dibuat sendiri.

Ide awal membuat Nugget jamur, karena sering ikut pelatihan yang dibuat Pemkot Kota Bekasi. Untuk bahan jamur Tiram, Mpo Omah memiliki budidaya jamur dirumah. “Saya jual lebih murah, karena bahan jamur tiram, hasil budidaya sendiri. Saat ini menjual via online yang dikelola oleh anak. Alhamdulillah, cukup diminati sebulan bisa terjual 50 bungkus apa lagi kalo pas ikut bazaar,” pungkasnya.

Lihat juga...