hut

Mengenang Yanuar Ernawati, Galeri Cemara Gelar Pameran

Editor: Mahadeva

JAKARTA – Sosok Almarhumah Yanuar Ernawati, termasuk pelukis perempuan yang patut diperhitungkan dalam perkembangan seni rupa Indonesia. Semasa hidup, Yanur aktif berpameran, baik di dalam, maupun di luar negeri.

Beberapa kota di luar negeri yang pernah disinggahi untuk berpameran diantaranya, Tokyo, Sidney, Brussels, Rotterdam, Wesbaden dan Koln, Washington DC dan Boston, serta Toronto. Peringatan berpulangnya Yanuar Ernawati, Galeri Cemara menggelar pameran lukisan bertajuk In Memoriam of Yanuar Ernawati. Pameran digelar mulai 1 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019.

Pameran sebagai penghargaan terhadap perupa perempuan, yang semasa hidupnya sangat aktif berpameran. “Yanuar Ernawati, almarhumah tergabung dalam sembilan pelukis perempuan Indonesia yang patut perhitungkan karya-karyanya,”  kata Emi Damayanti, penjaga Galeri Cemara, kepada Cendana News.

Galeri Cemara memamerkan lukisan karya Yanuar Ernawati, karena pelukis tersebut dan Galeri Cemara mempunyai hubungan yang sangat erat. Setiap galeri, mempunyai kebijakan masing-masing dalam mengelola dan mengoperasionalkan galerinya. Pemilik Galeri Cemara, lanjut Emi, adalah budayawan Toeti Heraty, sosok aktivis feminisme “Begitu juga dengan Galeri Cemara yang dalam rangka ultahnya, mengutamakan pameran karya perempuan,” ungkapnya.

Emi menyebut, setiap hari banyak pengunjung yang antusias menyaksikan pameran lukisan karya pelukis Yanuar Ernawati. Lukisannya, banyak menampilkan sosok manusia yang berinteraksi dengan satwa atau alam benda. Lukisannya, digarap dengan bentuk-bentuk figuratif dan abstraktif. “Memadukan antara yang ekspresif dan yang dekoratif,” paparnya.

Lihat juga...