Menikmati Ikan Bakar Khas Pantai Tanjung Karang Kota Mataram

Editor: Koko Triarko

160
MATARAM – Pantai Tanjung Karang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, kini menjadi salah satu pantai yang selalu ramai dikunjungi masyarakat dan wisatawan, khususnya setiap libur akhir pekan, untuk berwisata sambil berburu kuliner ikan bakar.
Hampir sepanjang pinggir jalan raya dekat pantai Tanjung Karang, berderet warung dengan balai berukuran kecil terbuat dari bambu. Menyuguhkan berbagai sajian ikan bakar kepada setiap warga maupun wisatawan yang datang, dengan tiupan angin sejuk, membuat wisatawan yang datang ingin berlama-lama duduk, sambil menikmati suguhan ikan bakar.
“Menikmati ikan bakar di pantai Tanjung Karang, rasanya asyik, selain ikan bakar yang nikmat dan segar, susananya juga sejuk, karena banyak pepohonan rindang,” kata Mandra, salah satu warga Desa Lombok Tengah, sambil menikmati ikan bakar, Sabtu (1/12/2018).
Mandra nampak lahap menikmati ikan kakap merah bakar di Pantai Tanjung Karang Mataram -Foto: Turmuzi
Selain segar, ikan yang disajikan juga beragam, dengan harga bervariasi, sehingga banyak pilihan untuk dinikmati. Kakap merah dan kerapu termasuk jenis ikan banyak disukai, dengan balutan sambal pedas di setiap bagian ikan saat dibakar, sehingga ketika telah matang, terasa sangat nikmat, dengan aroma ikan yang kuat.
“Kerapu dan kakap merah paling disukai, meski harga lebih mahal dibandingkan ikan lain, karena daging tebal dan terasa nikmat,” katanya.
Murni, pedagang ikan bakar di Pantai Tanjung Karang, mengatakan, bagi masyarakat yang datang liburan dan menikmati kuliner ikan bakar, terdapat banyak pilihan.
Selain ikan tongkol, sebagai jenis ikan paling murah, juga tersedia beberapa jenis ikan yang meski harganya lebih mahal banyak peminatnya, seperti ikan kakap merah, kerapu, ikan baronang dan beberapa jenis ikan lainnya.
“Ikan tongkol, satu ekor yang telah dibakar, harganya Rp8.000 sampai Rp10.000, sama nasi putih dan terung bakar, satu porsi bisa Rp20.000 sampai Rp25.000,” terangnya.
Sementara, ikan besar lain seperti kakap, kerapu maupun baronang, satu ekor harganya antara Rp35.000 hingga Rp40.000.
Baca Juga
Lihat juga...