Merauke Sudah Memiliki 23 Dokter Spesialis

Ilustrasi - Dok CDN

JAYAPURA – Pemerintah Kabupaten Merauke, Papua memiliki 23 tenaga dokter spesialis tetap. Mereka akan menetap dan melayani kebutuhan kesehatan di kabupaten tersebut.

Sekretaris Daerah Merauke, Daniel Pauta, mengatakan, ke-23 dokter spesialis tersebut terdiri dari kebidanan, penyakit dalam, THT, dan dokter spesialis gigi. Seluruh tenaga dokter spesialis itu adalah dokter tetap, dan menetap di Merauke.

Mereka bukan dokter kontrak. “Insentif kami untuk tenaga dokter tidak terlalu besar, Rp20 juta per bulan bagi dokter spesialis, tetapi kami sampaikan ke mereka bahwa kalian pergi sekolah dengan bantuan biaya pemerintah dan kembalilah mengabdi kepada pemerintah setempat,” ujarnya.

Akan tetapi, ada juga tenaga dokter yang setelah pendidikan kembali bertugas di Merauke. Namun, kemudian dengan berbagai macam alasan, meminta pindah ke tempat lain. “Saya pikir kalau memang dokter yang bersangkutan punya hati untuk Papua dan memang mau mengabdi di Papua khususnya di Merauke saya kira dia tidak akan berani minta pindah,” tandasnya.

Dari catatannya, hampir disemua puskesmas di Merauke, sudah memiliki tenaga dokter. Ada puskesmas yang sudah punya dokter spesialis gigi. “Ada 21 puskesmas di Merauke, puskesmas terjauh di Distrik Wan, namun sudah ada tenaga dokter yang menetap disana,” ujarnya.

Selain tenaga dokter, ada juga tenaga kesehatannya lain seperti bidan. Namun mereka, statusnya masih tenaga kontrak. Untuk tenaga keseharan, baik tenaga kontrak maupun tenaga tetap, selalu mendukung pelayanan kesehatan kesehatan. (Ant)

Lihat juga...