Mesin Mati, Kapal Yacht Napente Terombang-ambing di Teluk Maumere

Editor: Mahadeva

MAUMERE – Sebuah kapal Yacth, bernama Nepenthe, mengalami kerusakan mesin, saat sedang berada di perairan Teluk Maumere, tepatnya di depan hotel Sea World Waiara, Kecamatan Kewapante. Kondisi kapal terombang-ambing di laut, membuat kedua penumpangnya panik.

“Kami dihubungi oleh manager Sea World Club, Pak Martin, yang mengabarkan keberadaan kapal yacht, berpenumpang warga negara asing, terombang-ambing di laut akibat kerusakan mesin,” sebut Humas SAR Maumere,Yudha Kusuma, Jumat (28/12/2018).

Setelah mendapat informasi, tim gabungan yang terdiri dari delapan anggota SAR Maumere dan lima personil TNI AL Lanal Maumere, melakukan upaya pertolongan. Tim menemukan kapal terombang ambing di laut, dan menarikanya ke tepi pantai Sea World Club. “Kedua penumpang itu, Mr. Quentine Kawananakoa (57) asal Amerika Serikat dan Mrs. Chloe Heutebize (22) asal Prancis, dalam keadaan selamat. Keduanya kini menginap di hotel Sea World Club sambil menunggu perbaikan mesin kapal,” ujarnya.

Adi Laksmena, Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Maumere  menyebut, potensi gelombang dengan tinggi dua meter bisa terjadi di selat Sape, Sumba, Ombai, perairan selatan Kupang dan pulau Rote. “Sementara tinggi gelombang bisa mencapai  2,5  meter berpotensi terjadi di laut Sawu, perairan selatan Pulau Sumba, Samudera Hindia selatan NTT. Sedangkan tinggi gelombang tiga meter diperkirakan terjadi di laut Timor Selatan NTT,” terangnya.

Untuk perairan di utara Pulau Flores, cuaca hujan sedang, angin bertiup dari selatan dan barat, dengan kecepatan enam sampai 20 knots. Tinggi gelombang berkisar antara 0,5 sampai 1,25 meter. Untuk selat Flores, cuaca hujan sedang, angin bertiup dari barat daya dan barat dengan kecepatan delapan sampai 15 knots. Tinggi gelombang diperkirakan 0,5 meter, hingga mencapai 1,25 meter.

Adi mengimbau, kapal-kapal nelayan berukuran kecil, dibawah lima Gross Ton (GT), untuk selalu waspada dan memperhatikan kondisi cuaca saat melaut. Usahakan jangan melaut terlalu jauh di luar teluk Maumere.

Lihat juga...