Messi Hattrick, Barcelona Gunduli Levante 5-0

Editor: Makmun Hidayat

VALENCIA  — Barcelona masih terlalu superior bagi Levante. Pimpinan klasemen sementara La Liga itu menggunduli tim asal Valencia, Levante, dengan skor 5-0. Pada laga itu, megabintang Barcelona, Lionel Messi mencetak hattrick.

Kemenangan atas Levante kembali membuat Barcelona menjauh dari Sevilla di urutan kedua. Kedua tim kini terpaut tiga poin. Sedangkan Levante terseok di urutan delapan klasemen setelah menelan kekalahan keenam di La Liga musim ini.

Levante bukan tanpa perlawanan. Di awal laga, tuan rumah sempat memberi ancaman melalui Emmanuel Boateng. Namun percobaannya masih berhasil dihalau Marc-Andre ter Stegen. Barcelona kemudian membalas namun juga belum berhasil berbuah gol.

Gol pertama Blaugrana baru lahir menit 35 melalui Luis Suarez. Tendangan voli eks bomber Liverpool memanfaatkan umpan silang Lionel Messi membuat Blaugrana leading 1-0. Delapan menit berikutnya giliran Messi yang mencatatkan namanya di papan skor.

Memanfaatkan umpan Sergio Busquets, Messi dengan cerdik mengirim bola ke arah gawang memperdaya kiper Levante, Oier. Messi kembali mencatatkan namanya di papan skor dua menit usai jeda. Kali ini menyambut umpan silang dari Jordi Alba

Gol ketiga Messi lahir menit 60. Arturo Vidal mengirim umpan silang dan dituntaskan Messi melengkapi hattrick ke gawang Levante. Tuan rumah kehilangan Erick Cabaco yang diganjar kartu merah pada menit 76 setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Dembele.

Unggul jumlah pemain dimaksimalkan Barcelona dengan menambah gol. Adalah Gerard Pique yang mencetak gol ke-5 Blaugrana saat laga masih tersisa dua menit di waktu normal. Barcelona menyudahi laga dengan kemenangan telak 5-0.

Pada laga sebelumnya, 10 pemain Villarreal menahan imbang SC Huesca dengan skor akhir 2-2. Juan Camilo Hernandez sempat mengantar Huesca leading melalui eksekusi penalty menit 44. Carlos Bacca membuat skor imbang 1-1 menit 63 juga melalui titik putih.

Semenit kemudian, Villarreal kehilangan Mario Gaspar yang menerima kartu kuning kedua. Meski begitu, Gerard Moreno sempat membuat Villarreal berbalik unggul di menit 81. Sayang, Samuele Longo memastikan skor imbang 2-2 melalui golnya di masa injury time babak kedua.

Sementara itu pada laga lainnya, Real Betis memecundangi RCD Espanyol dengan skor 3-1, dan Sevilla menang 2-0 atas Girona.

Lihat juga...