Miliki Rasa Khas, Durian Lokal Lebak Diburu

LEBAK — Buah durian lokal ‘Putri Duduk’ hasil pengembangan budidaya petani Kabupaten Lebak, Banten, diburu konsumen penikmat durian karena memiliki rasa khas lezat, manis, dan beraroma.

Rohim (55) seorang pedagang durian di Jalan Gang Kibun Rangkasbitung, Banten, mengatakan dirinya merasa kewalahan melayani konsumen penikmat durian lokal Putri Duduk. Konsumen, kata dia, bukan hanya warga Kabupaten Lebak, namun datang dari Jakarta hingga Bandung.

Buah durian lokal Putri Duduk memiliki keunggulan dari rasa yang begitu legit, manis, dan beraroma, juga buahnya tipis dan berbeda dengan buah durian Montong atau Matahari.

Selain itu juga buah durian lokal Putri Duduk relatif terjangkau konsumen, karena harganya relatif murah dibandingkan durian Bangkok maupun Musangking.

Harga buah durian lokal Putri Duduk antara Rp75.000 sampai 100.000 per buah, namun kualitasnya sangat memuaskan konsumen.

“Buah durian lokal Putri Duduk lebih nikmat dimakan bersama anggota keluarga juga teman kantor,” kata Rohim, Rabu (19/12/2018).

Ia mengatakan saat ini durian lokal tersebut memasuki panen dan mulai membanjiri Kota Rangkasbitung.

Namun ia mengaku kehabisan stok dan belum dipasok petani dari Kecamatan Leuwidamar, Cirinten, Bojongmanik, dan Sobang.

Kemungkinan besar durian lokal banyak diminati konsumen, karena memiliki kualitas dan harganya terjangkau masyarakat.

“Setiap panen durian, kami bisa bantu ekonomi keluarga dan bisa menghasilkan pendapatan keuntungan bersih sekitar Rp5 juta per hari,” katanya.

Said (55) seorang pedagang durian mengaku selama ini petani mulai memasok durian lokal sehingga membanjiri sejumlah lokasi di Rangkasbitung.

Buah durian lokal itu beraneka jenis mulai dari Putri Duduk, Ciketan, Ciboboko, Cidodol, dan Citangkil. “Buah durian lokal itu juga dipasok ke Jakarta, Bandung, hingga Indramayu,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak, Dede Supriatna, mengaku selama ini durian menjadikan produk unggulan daerah.

Sentra durian lokal tersebar di Kecamatan Leuwidamar, Sobang, Muncang, Lebak Gedong, Bojongmanik, Cirinten, dan Gunungkencana. “Kami yakin memasuki musim durian dipastikan pertumbuhan ekonomi masyarakat meningkat,” katanya. (Ant)

Lihat juga...