Misi Kota Padang Menjadi Kota Internasional

Editor: Koko Triarko

PADANG – Pemerintah Kota Padang, Sumatra Barat, memiliki sebuah misi menjadikan kota tersebut sebagai sebuah kota internasional. Hal ini, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Wali Kota Padang, Mahyeldi, mengatakan, bahwa menjadikan Padang sebagai Kota Internasional adalah sebuah rencana jangka panjang. Visi misi Kota Padang ke depan adalah mewujudkan masyarakat Kota Padang yang madani berbasis pendidikan, perdagangan dan pariwisata yang unggul.

Ia menjelaskan, untuk mendukung rencana itu, bisa dilihat soal pendidikan di Kota Padang. Dinas Pendidikan Kota Padang telah menyiapkan di setiap sekolah eksrakurikuler bahasa Inggris. Lalu, untuk Dinas Pariwisata melakukan berbagai terobosan untuk meramaikan kunjungan wisatawan. Sedangkan sektor perdagangan selalu dibenahi.

Wali Kota Padang Mahyeldi /Foto: M. Noli Hendra

“Kota Padang tentu terus berbenah, seperti infrastruktur diperbaiki, gedung untuk para pedagang di pasar dibangun sangat memadai, sehingga masyarakat nyaman berbelanja. Kawasan wisata dipercantik, seperti kawasan wisata terpadu di Pantai Padang,” ujarnya, Senin (24/12/2018).

Berkait sektor pariwisata, Padang tidak hanya fokus untuk membenahi wisata pantai. Tetapi, juga wisata sejarah seperti Kota Tua, secara bertahap juga terus dilakukan pemebenahan dari segi infrastruktur.

Menurutnya, hal tersebut adalah bukti keseriusan Pemerintah Kota Padang untuk mensejahterakan masyarakat kota Padang.

Untuk mendukung rencana yang besar itu, Pemerintah Kota Padang juga melengkapi dengan empat aspek untuk merancang Kota Padang menjadi Kota Internasional. Seperti tersedianya energi listrik yang sangat memadai, tersedianya air minum siap minum melalui PDAM, adanya 200 Trans Padang mampu melayani 7 Koridor, yang lebih penting lagi menyiapkan masyarakat untuk menjadikan Kota Padang menjadi Kota Internasional.

“Supaya semua itu bisa tercapai, Kota Padang telah bergabung dalam Asosiasi negara-negara pesisir Indian Ocean Rim Association ( IORA),” tegasnya.

Lihat juga...