Muhadjir: Indonesia Segera Punya Pusat Kebudayaan di Arab Saudi

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy -Dok: CDN

MALANG — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy menyebutkan, Pemerintah Republik Indonesia saat ini terus memperkuat hubungan diplomasi dengan Kerajaan Arab Saudi, terutama di sektor kebudayaan.

Beberapa hari yang lalu, Indonesia diundang menjadi tamu kehormatan di Festival Janadriyah ke-33 di Riyadh, Arab Saudi. Indonesia disediakan veneu yang sangat luas untuk memamerkan keragaman seni dan budaya, di antaranya batik, pencak silat, tari tradisional hingga seni ukir.

“Jadi selama festival tersebut berlangsung hingga bulan Januari, kami terus mengirimkan seniman ke Arab Saudi,” jelasnya, di Universitas Muhammadiyah Malang, Jatim, Kamis (27/12/2018).

Selain itu disampaikan, pihaknya juga telah menandatangani MoU dengan pemerintah Arab Saudi di bidang kebudayaan.

“Insyaallah tidak akan lama lagi kita akan bangun pusat kebudayaan di Jeddah. Saya sudah meminta Konjen menjajaki lokasi yang paling ideal untuk ditempati, sehingga marwah dan martabat Indonesia bisa gagah di Arab Saudi. Karena kita punya pusat kebudayaan Indonesia di sana,” terangnya.

Disebutkan, hal ini juga merupakan salah satu bentuk langkah diplomasi untuk mempererat hubungan Indonesia dengan kerajaan Arab Saudi melalui budaya.

“Diplomasi yang baik adalah melalui persahabatan, tukar menukar budaya, dan saling memahami,” ujarnya.

Apalagi Indonesia merupakan negara mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia. Sedangkan agama Islam asalnya dari Saudi Arabia. Jika kerja sama dua negara ini bisa berjalan dengan baik, akan bisa membawa dampak yang positif bagi peradaban Islam ke depannya.

Sementara itu diakui Muhadjir, selama ini kerja sama Indonesia dengan Arab Saudi belum cukup baik, terutama di sektor kebudayaan. Di sektor pendidikan, pelajar Indonesia yang ada di Riyadh, Jeddah, Mekkah dan Madina juga belum tertangani dengan baik.

“Di sektor pendidikan ini juga akan segera kita urus sehingga bisa bisa lebih baik lagi,” pungkasnya.

Lihat juga...