Musim Hujan, Masyarakat NTB Diminta Waspadai Angin Kencang

Editor: Satmoko Budi Santoso

186

MATARAM – Berdasarkan pantauan Stasiun Klimatologi, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas l Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, peluang terjadinya curah hujan pada dasarian l bulan Desember 2018 cukup tinggi, dengan prosentase probabilitas sebesar 70 persen di seluruh wilayah NTB.

“Sehingga perlu diwaspadai peluang terjadinya curah hujan dengan intensitas 100 mm per dasarian di Pulau Lombok bagian tengah dan utara serta di sebagian wilayah Kabupaten Bima maupun Dompu,” kata Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Lombok Barat, Wakodim, Rabu (5/12/2018).

Sebagai dampak dengan sudah masuknya musim hujan di sebagian besar wilayah NTB, serta peluang hujan yang tinggi, masyarakat diminta waspadai potensi terjadinya hujan lebat disertai angin kencang

Termasuk dampak lanjutan yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

“Karena itulah masyarakat diminta senantiasa tetap waspada dan hati-hati, termasuk masyarakat yang tinggal di pinggiran pantai, mewaspadai terjadinya gelombang besar,” katanya.

Ditambahkan, untuk kondisi dinamika atmosfer, kondisi suhu muka laut di perairan NTB, masih menunjukkan kondisi netral. Adanya sirkulasi angin tertutup di Laut Jawa mengakibatkan terbentuknya daerah pertemuan angin di sepanjang Jawa, Bali, NTB hingga NTT. Kondisi cuaca tersebut memberikan dampak pada peningkatan pembentukan dan pertumbuhan awan hujan di wilayah NTB.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulanganan Bencana Daerah (BPBD) NTB, Muhammad Rum juga mengingatkan masyarakat, agar selama musim hujan, supaya tetap mewaspadai terjadinya bencana banjir dan tanah longsor

Masyarakat juga diminta untuk tetap berhati-hati melewati kawasan-kawasan yang rawan terjadinya bencana longsor seperti kawasan Pusuk Lestari menuju Lombok Utara maupun Pusuk Sembalun Lombok Timur. Serta menghindari melakukan perjalanan tidak perlu selama musim hujan.

Baca Juga
Lihat juga...