Natal dan Tahun Baru, BI Jember Siapkan Rp4,1 Triliun

Editor: Mahadeva WS

JEMBER – Kantor Perwakilan Wilayah (KPW) Bank Indonesia (BI) Jember, Jawa Timur, menyiapkan uang Rp4,1 Triliun, untuk memenuhi kebutuhan selama liburan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Dana tersebut, untuk memenuhi kebutuhan di lima kabupaten wilayah kerja BI Jember, yang meliputi Kabupaten Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo dan Lumajang.

Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi BI Jember, Febrina, menyebut, jumlah yang disediakan mengikuti proyeksi kebutuhan uang dari perbankan. Jumlah tersebut, mengalami peningkatan signifikan dibandingkan dengan kondisi di tahun sebelumnya. “Sesuai proyeksi perbankan, meningkat 78 persen, sekitar Rp4,1 Triliun. Kalau dibandingkan dengan 2017, hanya Rp2,4 Triliun. Dan di 2016, hanya Rp2,2 Triliun,” ungkapnya, Kamis (20/12/2018).

Peningkatan disebabkan jumlah pemilik Kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) melonjak. Selain itu, penarikan uang oleh instansi, masyarakat, dan perbankan juga mengalami peningkatan. “Ada juga dana bantuan sosial yang jumlahnya meningkat cukup banyak,” terangnya.

Meski mengalami peningkatan signifikan, Febrina menjamin ketersedian uang di kas BI Jember masih aman. Saat ini, Posisi kas BI Jember masih dikisaran Rp4,5 Triliun. “Realisasi hingga 12 Desember lalu baru Rp1,4 Triliun. Sedangkan posisi kas BI saat ini masih dikisaran Rp4,5 Triliun. Jadi masih sangat cukup, untuk memenuhi kebutuhan Natal dan Tahun Baru,” terangnya.

Menurut Febrina, penukaran pecahan uang rupiah kecil bisa dilakukan oleh masyarakat di bank konvensional. Sedangkan untuk penukaran uang pecahan lama, yang sudah ditarik oleh BI, yaitu pecahan Rp100 ribu tahun emisi (TE) 1999, Rp 50 ribu TE 1999, Rp 20 ribu TE 1998 dan Rp 10 ribu TE 1998, hanya bisa dilakukan di Kantor KPW BI Jember.

BI telah mencabut pecahan uang tersebut sejak 31 Desember 2008. Periode pencabutannya selama 10 tahun, dan akhir tahun ini batas terakhir penukaran. Sudah banyak masyarakat yang menukarkan uang yang ditarik ke BIJember.

Lihat juga...