Natal-Tahun Baru, Pangkalbalam Siapkan Tujuh Kapal

Ilustrasi kapal - Dok CDN

PANGKALPINANG – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalbalam, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan tujuh unit kapal penumpang. Kapal tersebut untuk mengantisipasi lonjakan penumpang menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

“Kita tetap mengantisipasi lonjakan penumpang kapal laut, mengingat tarif tiket angkutan udara yang naik menjelang Natal,” kata Kepala KSOP Pangkalbalam, Izuar, Minggu (9/12/2018).

Tujuh unit kapal angkutan Natal dan Tahun Baru tersebut, terdiri dari enam kapal roro rute pelayaran Pelabuhan Pangkalbalam ke Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Kemudian, satu unit kapal cepat dengan rute pelayaran Pelabuhan Pangkalbalam (Pulau Bangka) tujuan Pelabuhan Tanjung Pandan (Pulau Belitung).

Tujuh unit armada tersebut, diyakini cukup mampu melayani kebutuhan masyarakat yang akan pulang kampung, berlibur di kampung halaman. “Biasanya penumpang kapal menjelang Natal sepi, namun kita tetap mengantisipasi dengan menyiapkan tujuh armada angkutan laut,” katanya.

Menurutnya, saat ini harga tiket pesawat sudah mulai melonjak, dan diperkirakan akan terus naik hingga Natal dan Tahun Baru. “Masyarakat yang tidak mampu membeli tiket angkutan udara, bisa beralih menggunakan angkutan laut untuk merayakan Natal bersama keluarganya,” tandasnya.

Tarif tiket kapal tujuan Jakarta dan Belitung, menjelang Natal tidak mengalami kenaikan. Masyarakat bisa menikmati angkutan murah, dengan pelayanan yang tetap berkualitas. “Meski tarif tidak mengalami kenaikan, namun pihak pelayaran tetap memberikan pelayanan kepada calon penumpang selama perjalanan menuju tujuannya,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...