Nataru, Polres Lamsel Siapkan 10 Pos Pengamanan

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Kepolisian Resort (Polres) Lampung Selatan menyiapkan 10 pos pengamanan di sepanjang Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Ruas Bakauheni-Terbanggibesar, guna mengamankan arus lalu lintas selama libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Kapolres Lampung Selatan, AKBP Muhammad Syarhan, menyebut pos tersebut akan disiagakan di sejumlah titik yang masuk wilayah Lampung Selatan, mulai Bakauheni hingga Natar.

Kapolres Lamsel, AKBP Muhammad Syarhan -Foto: Henk Widi

Koordinasi dengan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung dilakukan dalam pengamanan jalan tol, untuk pengamanan angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, dengan sandi Operasi Lilin Krakatau 2018.

Menurutnya, penempatan 10 pos di JTTS ruas Bakauheni-Terbanggibesar dilakukan oleh personel Satuan Lalu Lintas Polres Lamsel.

Pengoperasian JTTS yang akan dilakukan pada Sabtu (22/12), untuk memberi kenyamanan bagi pengguna kendaraan yang melintasi jalan bebas hambatan dengan fasilitas yang sebagian dalam tahap penyempurnaan. Sejumlah fokus pengamanan jalan tol dengan menempatkan personel di pintu masuk dan keluar jalan tol.

Muhammad Syarhan mengungkapkan, JTTS ruas Bakauheni-Terbanggibesar sepanjang 140 Kilometer, sebagian berada di wilayah hukum Polres Lamsel. Titik-titik pertemuan antara jalan tol dengan Jalan Lintas Tengah Sumatra menjadi perhatian.

Simpul-simpul pertemuan tersebut d iantaranya gerbang tol Bakauheni Utara, pintu Tol Sukamarga, serta sejumlah pintu tol di wilayah Natar.

Selain pos pengamanan di jalan tol, 17 pos terpadu,pos pengamanan dan pos pelayanan juga disiagakan di Jalan Lintas Sumatra, Jalan Lintas Timur Sumatra.

“Penggunaan jalan tol trans Sumatra sekaligus untuk mengurangi kemacetan di jalan lintas tengah Sumatra, bertepatan dengan libur Natal, libur sekolah serta tahun baru. Smpul kemacetan juga menjadi perhatian dengan penempatan personel,” terang AKBP Muhammad Syarhan, saat dikonfirmasi Cendana News di lapangan Korpri Pemkab Lamsel, Jumat (21/12/2018)

Pengamanan di JTTS, Jalan Lintas Sumatra dan Jalan Lintas Timur Sumatra, kata AKBP Muhammad Syarhan, dilakukan untuk memberi kenyamanan bagi pemudik.

Mantan Kapolres Pesawaran ini mengatakan, personel pengamanan jgua disiagakan di sejumlah gereja. Pengamanan di gereja dilakukan oleh sejumlah personel polisi yang berada di Polsek dan jajaran yang berada di dekat gereja.

Kasatlantas Polres Lamsel, AKP Reza Khomeini -Foto: Henk Widi

Pada pengamanan gereja, jelas AKBP Muhammad Syarhan, selain melibatkan personel polisi, koordinasi juga dilakukan oleh pengurus lintas agama.

Berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lampung Selatan, sejumlah organisasi massa Islam, seperti NU dan Muhammadiyah, akan ikut dilibatkan dalam membantu pengamanan perayaan Natal. Ia menyebut, semua pihak ikut mendukung suasana kondusif dalam kegiatan pengamanan perayaan Natal.

“Total personel yang disiagakan dari semua unsur, baik POLRI, TNI, pemerintah dan unsur terkait, mencapai 857 personel, tersebar di sejumlah titik,” tegas Muhammad Syarhan.

Selain fokus pada pengamanan di jalan tol, pelaksanaan ibadah Natal di sejumlah gereja yang ada di Lamsel, pengamanan di pintu masuk pelabuhan Bakauheni, juga diperketat.

Antisipasi terjadinya penyelundupan barang terlarang berupa narkoba memanfaatkan momen angkutan Nataru, AKBP Muhammad Syarhan menyebut, telah mempertebal pengamanan di pintu masuk pelabuhan Bakauheni, khususnya di area Seaport Interdiction (SI) Bakauheni. Selain personel Satnarkoba, KSKP Bakauheni, sejumlah anjing pelacak (K-9) juga disiapkan.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Lamsel, AKP Reza Khomeini, menambahkan, personel Satlantas disiagakan di sejumlah titik. Sepekan sebelum pelaksanaan Operasi Lilin Krakatau, Satlantas telah memasang banner himbauan di sejumlah titik. Ada sekitar 120 banner imbauan, agar pengguna jalan lebih berhati-hati.

Pemasangan banner imbauan di sejumlah titik rawan dilakukan dari pintu keluar pelabuhan Bakauheni hingga wilayah perbatasan Bandarlampung.

“Sejumlah imbauan di jalan nasional tersebut, diharapkan bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Sejumlah akses jalan yang terkoneksi dengan pintu tol, juga akan menjadi perhatian bagi Satlantas Polres Lamsel, selama operasi Lilin Krakatau 2018,” pungkasnya.

Lihat juga...