Nikmati Rasa Berbeda Rumpu Rampe Bunga Pepaya

Editor: Mahadeva WS

Rumpu Rampe Bunga Pepaya, masakan berbeda dengan campuran kacang panjang dan buncis. Foto : Ebed de Rosary

MAUMERE – Bunga pepaya, merupakan sayuran yang banyak dijumpai di Flores. Harganya bagi warga setempat, relatif murah.

Satu kumpul atau seukuran satu piring daun pepaya, dijual dengan harga Rp5 ribu. “Memang saat ini sudah banyak yang mengkonsumsi bunga dan daun pepaya, sehingga harga jualnya sedikit lebih mahal dibandingkan sebelumnya,” kata Esterina, salah seorang pedagang sayur di pasar Alok maumere, Sabtu (15/12/2018).

Sebelumnya, pembeli lebih suka membeli sedikit bunga pepaya, sebagai bahan campuran saat memasak daun pepaya, daun singkong, buah pepaya dan menu sayur lainnya. “Biasanya akan dibuatkan sayur rumpu rampe yang memang selalu dibuat untuk dijual di rumah makan.Tapi ada juga yang menghidangkannya saat pesta di rumah atau untuk konsumsi sendiri,” tuturnya.

Maria W.Parera, warga kota Maumere yang biasa memasak rumpu rampe bunga pepaya.Foto : Ebed de Rosary

Maria W.Parera, warga kota Maumere menyebut, Dirinya ingin membuat sensasi berbeda dari sayur dengan campuran bunga pepaya. “Saya mencampur bunga pepaya dengan sayur kacang panjang dan buncis. Kedua sayur ini mudah diperoleh, selain tentunya bunga pepaya yang harganya relatif murah,” tuturnya.

Untuk membuat sayur rumpu rampe bunga pepaya, dibutuhkan sayur bunga pepaya satu piring atau segenggam saja. Kemudian kacang panjang dua ikat, begitupun juga dengan buncis. “Biasanya bunga pepaya lebih sedikit jumlahnya, agar tidak ada rasa pahit saat dikonsumsi. Bisa juga bunga pepaya direbus sendiri terlebih dahulu hingga lembek,” jelasnya.

Kacang panjang dan buncis diiris tipis. Bunga pepaya yang telah dibersihkan juga iris berukuran kecil, agar mudah disantap. Bumbu yang digunakan, bawang merah, bawang putih dan tomat secukupya diiris tipis. Cara memasak, panaskan minyak goreng dan masukan irisan bawang terlebih dahulu. Beberapa saat kemudian, masukan irisan tomat sambil terus diaduk hingga merata. Setelah bumbu setengah matang, masukan bunga pepaya, kemudian masukan irisan kacang panjang dan buncis, sambil terus diaduk hingga merata dan matang.

”Bunga pepaya harus dimasak terlebih dahulu bila tidak direbus. Ini penting agar bunga pepaya dan kacang panjang serta buncis bisa matang bersamaan.Tapi kalau bunga pepaya direbus terlebih dahulu hingga lembek, ketiga sayur tersebut bisa dimasak bersamaan,” jelasnya.

Menurut Maria, menu rumpu rampe bunga pepaya memberi sensasi rasa yang berbeda. Belum banyak orang yang mencoba memasak masakan tersebut. Pemakaian bunga pepaya harus disesuaikan dengan selera orang yang mengkonsumsinya.

Lihat juga...