Nikmatnya Sate Ikan Tuna Khas Bali

Editor: Satmoko Budi Santoso

DENPASAR – Sate tidak hanya identik dengan ayam atau kambing. Di Bali, ada sate ikan tuna. Sate ikan tuna ini cukup banyak ditemukan di pulau yang berjuluk seribu pura ini.

Salah satunya terdapat di stand kuliner wisata tukad Bindu Kota Denpasar. Tempat berjualan sate ikan tuna ini selalu ramai dikunjungi oleh penyuka kuliner.

I Made Gede Duaja, pembuat sate ikan tuna, menceritakan, setiap hari ia bisa menghabiskan sekitar 5 kilogram ikan tuna sebagai bahan dasar pembuatan sate tuna tersebut. Kondisi ini bisa meningkat tiga kali lipat di kala musim libur karena banyaknya permintaan dari pengunjung objek wisata tukad bindu.

“Ya rata-rata para pelanggan saya ini adalah mereka tamu yang sedang berlibur ke tukad atau sungai Bindu,” ucap pria yang akrab disapa Duaja, saat ditemui, Sabtu (29/12/2018).

I Made Gede Duaja pembuat sate ikan tuna khas Bali.-Foto: Sultan Anshori.

Duaja menceritakan,  pembuatan sate tuna ini cukup gampang prosedur penyajiannya hingga benar-benar bisa disantap. Tak ubahnya dengan sate pada umumnya, sate ikan tuna juga ditusuk menggunakan lidi kayu. Selain itu, proses pembakaran juga sama, yaitu dibakar menggunakan tungku api.

Lihat juga...