Nikmatnya Wedang Bajigur, Minuman Khas Yogyakarta

Editor: Mahadeva WS

172

YOGYAKARTA – Salah satu menu minuman khas Yogyakarta adalah Wedang Bajigur. Minuman tradisional tersebut, sangat cocok dihidangkan dan dinikmati, di musim penghujan seperti saat ini. 

Wedang Bajigur – Foto: Jatmika H Kusmargana

Selain bisa menghangatkan tubuh, minuman khas yang dibuat dengan bahan rempah tersebut, juga baik untuk kesehatan dan penambah daya tahan tubuh. Rasanya yang manis dan gurih serta harum wangi, menambah kenikmatan saat diminum.

Salah satu warung wedang Bajigur yang cukup dikenal di Yogyakarta adalah, kedai Bajigur Bu Sri, yang terletak di Jalan Bantul, tepatnya, di depan pasar Niten baru. Warung ini merupakan pindahan dari warung Bajigur, yang terletak di sekitar kawasan Plengkung Gading. Memakai resep turun-temurun, bu Sri, sang pemilik warung, mengaku meneruskan usaha warung Bajigur orangtua, yang sudah mulai berjualan sejak tahun 1960-an. Hingga kini, Dia dan suami, tetap menjual wedang Bajigur dengan mempertahankan cita rasa yang sama warisan orang tuanya.

Tak seperti minuman pada umumnya, wedang Bajigur memiliki cita rasa yang unik. Perpaduan bahan racikan berupa kopi, santan, jahe, hingga daun pandan, membuatnya kaya akan sejumlah rasa dan aroma yang nikmat.  Salah satu ciri khas wedang Bajigur adalah, adanya potongan roti di dalam minuman. Tak hanya itu, butir-butir kolang kaling juga membuat wedang Bajigur selalu memberikan cita rasa kesan beda, dibanding minuman lain.

Untuk membuat wedang Bajigur tidaklah sulit. Bahan baku yang harus disiapkan antara lain adalah kopi bubuk, gula merah, gula pasir, jahe, kayu manis, santan, daun pandan dan sedikit garam. Jangan lupa siapkan pula irisan roti tawar dan kolang-kaling, sebagai isian dari minuman. “Untuk membuatnya tinggal rebus jahe yang telah digeprek, gula merah, daun pandan, dan kayu manis, hingga gula merah mencair. Setelah itu masukan kopi, gula pasir, garam dan santan, aduk hingga merata,” jelas Sri.

Setelah mendidih dan matang, saring minuman dan buang ampas dari bahan baku. Kemudian, siapkan bahan isian berupa kolang-kaling yang telah direbus, dan potongan roti tawar, yang dibentuk kubus kecil ukuran 1 sentimeter. Untuk menyajikannya, tinggal tuangkan minuman ke dalam gelas dan tambahkan isian roti serta kolang kaling. Wedang Bajigur siap dinikmati.

Baca Juga
Lihat juga...