Palembang Tingkatkan Bantuan Modal Tanpa Agunan untuk UMKM

144
Ilustrasi - Aktivitas UMKM - Dok: CDN

PALEMBANG — Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, terus berupaya meningkatkan program bantuan modal bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat bantuan itu.

“Dengan ditingkatkan program bantuan modal usaha tanpa agunan dan beban bunga pinjaman itu diharapkan pelaku UMKM dapat berkembang serta mampu menyediakan lapangan kerja dalam jumlah besar,” kata Wali Kota Palembang Harnojoyo, di Palembang, Selasa (4/12/2018).

Menurut dia, sejak tahun lalu pemkot memberikan bantuan modal usaha tanpa agunan masing-masing sebesar Rp3 juta kepada 1.000 pelaku UMKM. Program tersebut dilanjutkan, bahkan dengan sasaran yang lebih banyak pada tahun ini sekitar 4.000 pelaku UMKM.

Dalam tahun-tahun berikutnya bantuan tersebut secara bertahap akan terus ditingkatkan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Dengan banyaknya UMKM yang bisa dibantu dan mampu berkembang sesuai dengan harapan dan tujuan program tersebut, pelaku UMKM di Ibu kota Provinsi Sumsel ini dapat menjadi motor penggerak peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan warga kota, katanya.

Dia menjelaskan program bantuan modal usaha itu mulai dirasakan manfaatnya oleh pelaku UMKM dan kemampuan mereka mengembalikan pinjaman cukup besar.

Melihat besarnya manfaat dan kemampuan pengembalian bantuan modal usaha itu, program tersebut bisa terus digulirkan dan ditingkatkan.

Untuk meningkatkan program bantuan itu, selain menggulirkan dana yang lebih besar, pihaknya juga menyiapkan program pembinaan bagi pelaku UMKM sehingga mereka mampu mengelola keuangan dan peningkatan kualitas produknya. [Ant]

Baca Juga
Lihat juga...