Parpol Diminta Mengurus STTP Pertemuan Terbatas

Ilustrasi kampanye damai - Dokumentasi CDN

PADANG – Kepolisian Resort Solok Selatan, Sumatera Barat mengimbau, Partai Politik (Parpol) dan para Calon Anggota Legislatif (Caleg), untuk mengurus Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP), saat akan menggelar pertemuan terbatas dengan masyarakat.

“Selain partai politik, calon anggota legislatif juga bisa mengurus sendiri surat tanda terima pemberitahuan, jika akan menggelar pertemuan dengan masyarakat,” ujar Kepala Satuan (Kasat) Intelkam Polres Solok Selatan, AKP Bustanul Alamsyah, Sabtu (15/12/2018).

Menurutnya, setiap pertemuan yang melibatkan parpol, pihaknya selalu menyosialisasikan ketentuan tersebut. Hal itu agar tercipta pemilu yang aman, damai dan badunsanak. Untuk mengurus STTP tidak rumit. Pemohon cukup melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), penanggung jawab acara, lokasi acara, jadwal acara, jumlah peserta yang akan diundang. “Tidak rumit. Calon anggota legislatif bisa langsung mengurus sendiri,” ujarnya.

Ketua Bawaslu Solok Selatan, Muhammad Anshar, menyebut, telah ada Parpol yang menyerahkan tembusan STTP kepada Bawaslu untuk melakukan pertemuan terbatas. “Sejauh ini, baru dua partai, yakni PAN dan PKS. Untuk PKS mengurus STTP ke Polda karena yang menggelar DPW. Mereka hanya melakukan pertemuan internal, belum mengundang masyarakat,” katanya.

Sesuai dengan peraturan KPU, Parpol atau Caleg yang akan menggelar pertemuan terbatas, harus menyerahkan tembusan STTP dari kepolisian ke KPU dan Bawaslu. Sementera dari pantauan Bawaslu, sejauh ini, belum ada Parpol atau Caleg yang menggelar pertemuan terbatas dengan masyarakat. “Pantauan kami belum ada. Jika ada dan mereka tidak menyerahkan surat tanda terima pemberitahuan tentu kami tegur. Dari pantauan kami, para peserta ini baru melakukan door to door,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...