Pascavaksin MR di Pasaman Barat, Muncul Penyakit Aneh

168
Ilustrasi pemberian imunisasi rubella pada pelajar SMP - Foto: Dok. CDN

SIMPANG EMPAT – Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, mengkonsultasikan, Ahmad Rafa (7), ke dokter spesialis. Hal itu menindaklanjuti kemunculan penyakit aneh, yang dideritanya, yang diduga muncul usai mendapatkan suntik vaksin Measles Rubella (MR).

“Kami sudah koordinasi dengan pihak Puskesmas Ujung Gading. Penyebab anak itu menderita penyakit aneh di sejumlah tubuhnya perlu dipastikan oleh dokter spesialis,” kata Kepala Dinkes Pasaman Barat, Haryunidra.

Informasi yang diperolehnya, Ahmad Rafa menderita penyakit aneh, yaitu munculnya lebam hitam di tubuh bagian kaki dan tangan. “Apa penyebab pastinya belum bisa dipastikan. Tentu harus dibawa ke dokter spesialis. Kami akan layani anak itu sesuai kebutuhan medis,” tegasnya.

Dinkes belum bisa memastikan, apakah jenis penyakit tersebut. Dan apakah penyakit tersebut, berkaitan dengan vaksin MR atau tidak. Hanya saja, informasi yang diterima menyebut, penyakit itu muncul setelah siswa dari SD 10, Sumba Ujung Gading itu, setelah mendapatkan suntik vaksin MR.

Kendati demikian, Dinkes Pasaman Barat, akan memfasilitasi Ahmad Rafa ke dokter spesialis. Hal itu untuk mendapatkan jawaban dari berbagai isu yang muncul di tengah masyarakat dan di media sosial. Sebelumnya, seperti yang beredar di masyarakat dan media sosial, Ahmad Rafa, seorang siswa SD, menderita penyakit serius di badan.

Diduga penyakit tersebut muncul, usai menjalani suntik vaksin MR. Informasi yang berbedar, korban sekitar tiga minggu lalu menjalani suntik vaksin MR, sesuai arahan pihak sekolah. Setelahnya, muncul lebam menghitam, di sejumlah bagian tubuh dan kaki. Muncul bengkak berair di bagian badan dan mata dikeluhkan sakit. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...