hut

Patroli TNI di Perbatasan Papua-PNG, Libatkan Masyarakat

JAYAPURA – Satuan tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Batalyon Infantri/ Yonif 126/KC yang bertugas di Pos Waris, berpatroli ke kawasan patok MM 4A yang berada di sekitar kampung Banda, Kabupaten Keerom, Papua, yang berbatasan dengan PNG.

Patroli yang dipimpin Komandan Pos Waris Lettu Infantri Dewangkoro diikuti 10 personel TNI termasuk warga masyarakat yang mendiami kampung Banda.

Kampung Banda merupakan salah satu kampung di wilayah Kabupaten Keerom yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini .

Dan Pos Waris Lettu Inf Dewangkoro  di Jayapura, Minggu mengatakan, patroli di kawasan tersebut untuk memastikan posisi patok yang merupakan batas antara RI-PNG tidak berubah.

“Salah satu tugas pokok kami adalah mengamankan patok di perbatasan khususnya MM.4A, MM 41 dan MM 42,” kata Letnan Satu Dewangkoro.

Dia mengatakan, untuk mencapai patok MM 4A, maka anggotanya harus berjalan kaki menyusuri sungai kecil (kali) Pay sekitar 2,3 km.

Setibanya di patok MM 4A dilakukan pencocokan dengan menggunakan GPS Garmin 64 S dan ternyata koordinatnya sesuai atau tidak mengalami pergeseran.

Ketika ditanya kenapa masyarakat Banda dilibatkan dalam patroli tersebut, Lettu Dewangkoro mengatakan, pihaknya memang sengaja membawa masyarakat khususnya penduduk Banda yang berada di perbatasan agar mereka melihat sendiri patok tersebut.

Selain itu diharapkan agar masyarakat dapat ikut menjaga agar posisi patok tidak berubah atau mengalami kerusakan.

“Kami sendiri juga akan rutin berpatroli ke patok-patok yang menjadi tanggung jawab Yonif 126 guna memastikan keberadaannya tetap aman,” kata Lettu Inf. Dewangkoro. (Ant)

Lihat juga...