Pdt. GKP Pasundan Ajak Umat Singkirkan Prasangka

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Pendeta (Pdt) Gereja Kristen Pasundan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Yoga W Pratama, menyerukan kepada jemaat untuk menyingkirkan kecurigaan dan prasangka buruk, guna membangun toleransi antarumat beragama dan saling mengayomi.

“Melalui Natal 2018 ini, kami mengajak warga Kota Bekasi untuk terus menjaga persahabatan dalam perbedaan. Kita semua boleh mewujudkan persaudaraan,” kata Pdt. Yoga, usai memimpin kebhaktian Natal, Selasa (25/12/2018).

Pdt. GKP Kota Bekasi, Yoga W Pratama -Foto: M Amin

Dikatakan, Kota Bekasi penduduknya sangat majemuk dan plural. Untuk itu, harus bersama-sama mulai dari lingkungan terdekat, tetangga dan individu untuk menyingkirkan kecurigaan.

Yoga berharap, melalui Natal dan menjelang Tahun Baru 2019, Kota Bekasi ke depan bisa terus berprestasi dan dapat menjadi cerminan kota lain di Indonesia, terkait keberagaman, berdampingan dalam toleransi.

Dia menilai, toleransi umat beragama di Kota Patriot perkembangannya sangat baik. “Ini terbukti dari raihan prestasi dan pengharagaan yang diperoleh sebagai kota toleran. Artinya, Bekasi bisa saling bersaudara dalam perbedaan,” ungkap Pdt. Yoga.

Lebih lanjut, dia mengatakan, keberadaan GKP Kota Bekasi sudah 40 tahun. Meskipun menggunakan kata ‘Pasundan’, tetapi GKP jemaatnya terbuka untuk berbagai suku di Indonesia.

GKP adalah gereja protestan dan jemaatnya dari beragam suku, seperti Manado, Sunda, Jawa, Maluku, Batak, Toraja dan lainnya.

“Jumlah jemaat GKP ada 700 KK dengan 2.400 jiwa. Tema Natal tahun ini, Yesus Kristus Khidmat  Bagi Dunia, dengan sub tema Dengan Suka Cita Natal Bersama-sama Merayakan dalam Keberagaman Ciptaan,” jelas Pdt. Yoga.

Lebih jauh Pdt. Yoga mengatakan, bersamaan Natal tahun ini, mengikuti intruksi dari PGI dan Sinode, pihaknya memberikan persembahan khusus bagi korban terdampak tsunami di Banten. Ada kantong khusus untuk disumbangkan.

“Hasil sumbangan jemaat akan disalurkan kepada korban tsunami, di Banten melalui badan yayasan sosial GKP,” pungkasnya.

Lihat juga...