Pedagang Ikan Ramai Pesanan di Malam Tahun Baru

Editor: Mahadeva

BADUNG – Malam pergantian tahun menjadi berkah tersendiri, bagi pedagang ikan di pasar kedonganan, Desa Kedonganan, Badung Bali. Para pedagang dipasar tersebut, mendapatkan peningkatah pemesanan ikan.

Amalia, salah seorang pedagang ikan di pasar ikan kedonganan, menyebut, Dia, mengalami peningkatan penjualan hingga 200 persen. “Alhamdulillah, mas, mendapat pesanan banyak di pergantian tahun baru,” ucap Amalia, Senin, (31/12/2018).

Wanita cantik tersebut mengatakan, untuk mengantisipasi peningkatan permintaan, pedagang sudah menyediakan stok ikan hingga 1,5 ton. Berbagai jenis ikan seperti kakap, kerapu dan ikan ekor kuning disiapkan untuk memenuhi permintaan masyarakat. Pemesanan banyak masuk dari pengelola restoran maupun pribadi. Diprediksi, permintaan akan semakin meningkat hingga memasuki detik-detik pergantian tahun. Untuk memaksimalkan pelayanan, Amilia memberikan pelayanan pembersihan ikan di lapaknya.

“Ikan ini kebanyakan berasal dari kepulauan Madura dan Jawa. Untuk Harga jual bervariasi. Mulai dari Rp55 ribu hingga Rp85 ribu. Jika hari biasa dijual Rp35 ribu hingga Rp60 ribu per kilogram,” sebut ibu dua anak tersebut.

Momentum malam pergantian tahun, menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat. Selain menyambut dengan pesta kembang api, kegiatan bakar ikan, seolah menjadi ritual wajib yang tak boleh dilewatkan. Seperti yang dilakukan Wahyu. Pria yang tinggal di Monang-maning, Kota Denpasar tersebut, terlihat sibuk memilih ikan untuk dibakar pada malam pergantian tahun. Mandor konstruksi bangunan tersebut mengaku, membeli ikan jangki untuk dibakar bersama keluarga serta kerabatnya. “Untuk disantap sembari menyambut tahun baru. Ini saya beli 12 kilogram ikan. Lumayanlah,” kata pria asal Bojonegoro tersebut.

Wahyu bersama keluarga serta kerabat, menyambut pergantian tahun dengan membakar ikan dirumah.”Setiap malam tahun baru kami hanya dirumahnya saja. Tidak kemana,” pungkasnya.

Lihat juga...