Peduli Tsunami, Palang Merah China Berikan Bantuan Rp1,4 Miliar

JAKARTA  – Palang Merah China menyalurkan dana kemanusiaan senilai 100 ribu Dolar AS atau senilai sekitar Rp1,4 miliar untuk membantu korban dan masyarakat yang terdampak tsunami yang menghantam pesisir Selat Sunda.

“Atas nama Palang Merah China, saya di sini menyampaikan dana tunai kemanusiaan sebesar 100 ribu dolar AS melalui PMI untuk membantu Indonesia mengatasi masa tanggap darurat pascatsunami Selat Sunda,” kata Minister Counselor Kedutaan Besar China di Indonesia, Sun Weide, berdasarkan keterangan pers yang diterima, Minggu.

Dana tunai sekitar Rp1,4 miliar tersebut diserahkan Sun Weide kepada Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI) Ritola Tasmaya di Markas Pusat PMI Jakarta pada 27 Desember 2018.

Dalam kesempatan tersebut, Sun juga menyampaikan bahwa Presiden China Xi Jinping pada 22 Desember petang telah mengirim surat kepada Presiden Joko Widodo untuk menyampaikan belasungkawa dan simpati kepada keluarga korban meninggal dunia dan yang terluka akibat tsunami Selat Sunda.

Surat tersebut juga berisi keyakinan pemerintah China pada kepemimpinan yang kuat dari pemerintah Indonesia yang akan membuat rakyat Indonesia mampu melewati masa-masa sulit pascabencana dan membangun kembali rumah mereka.

Minister Counselor Sun menambahkan, sebagai tetangga dekat Indonesia, China akan siap membantu saat rakyat Indonesia membutuhkan bantuan.

Lihat juga...