Pelni Kupang Kantongi Izin Penambahan Penumpang 30 Persen

KUPANG — Kepala PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Kupang Ishak Gerald mengemukakan pihaknya sudah diizinkan pemerintah untuk menambah muatan penumpang sebanyak 30 persen untuk melayani arus mudik selama Natal dan Tahun Baru.

“Untuk layanan mudik Natal kami diberikan dispensasi dari Pemerintah untuk muatan penumpang bisa ditambah sebanyak 30 persen dari kapasitas kapal yang ada,” katanya di Kupang, Kamis (20/12/2018).

Ia mengatakan untuk layanan arus mudik di daerah setempat, Pelni Kupang menyediakan sebanyak tiga kapal dengan kapasitas muatan sebanyak 2.000 penumpang.

Di antaranya KM Umsini dan KM Lambelu yang melayani pemudik dari Kupang menuju wilayah Pulau Flores seperti Lembata dan Flores Timur pada 22 Desember.

Selain itu, KM Bukit Siguntang yang akan melayani pemudik dari Kupang menuju Lembata dan Sikka pada 24 Desember atau H-1 Hari Raya Natal.

“Kalau jumlah permintaan penumpang untuk kapal-kapal ini penuh sesuai kapasitas 2.000 orang maka masih bisa ditambah lagi 30 persen atau sekitar 600-an orang,” katanya.

Ishak menjelaskan, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut membolehkan adanya penambahan muatan penumpang dengan catatan disesuaikan dengan peralatan keselamatan di kapal.

Lebih lanjut, ia menjelaskan arus penumpang yang menggunakan jasa pelayaran kapal Pelni sudah ramai sejak 15 Desember karena kondisi cuaca buruk di perairan wilayah Nusa Tenggara Timur yang membuat layanan kapal-kapal feri kesulitan beroperasi.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama cuaca buruk lanjutnya, telah diusulkan adanya penambahan layanan kapal kepada pihak Kementerian Perhubungan.

“Sudah ada surat permintaan tambahan pengoperasian kapal yang dikirim KSOP ke Dirjen Perhubungan Laut, cuma sampai sekarang kami belum dapat informasi dari Pusat,” katanya. [Ant]

Lihat juga...