Pelni Timika Prediksi Puncak Mudik Natal 22 Desember

TIMIKA — PT Pelni (Persero) Kantor Cabang Timika, Papua memperkirakan arus mudik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 yang menggunakan pelayaran kapal Pelni dari Pelabuhan Paumako Timika akan terjadi pada 22 Desember 2018.

Pelaksana Harian Kepala Cabang PT Pelni Timika Marcos Kakase Amos mengatakan pada 22 Desember nanti terdapat dua kapal penumpang yang akan berangkat dari Pelabuhan Paumako Timika yaitu KM Sirimau dan KM Tatamailau.

“Kapal yang akan berangkat dari Pelabuhan Paumako yang paling dekat dengan hari raya Natal yaitu KM Sirimau dan KM Tatamailau. Kami perkirakan puncak arus mudik Natal dan Tahun Baru akan terjadi pada tanggal 22 Desember itu. Adapun KM Leuser baru akan berangkat dari Pelabuhan Paumako pada 28 Desember,” kata Marcos di Timika, Kamis (13/12/2018).

Marcos memperkirakan lonjakan penumpang kapal Pelni akan terjadi untuk rute pelayaran jarak pendek seperti Timika-Dobo-Saumlaki dan jarak terjauh hingga Kupang dan Maumere, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang akan dilayari oleh KM Sirimau. Sementara rute pendek lainnya yang cukup padat yaitu Timika-Tual-Kaimana-Fakfak yang akan dilayari KM Tatamailau.

Sesuai surat edaran Dirjen Perhubungan Laut, seluruh kapal Pelni diberikan dispensasi untuk penambahan angkutan penumpang mudik Natal dan Tahun Baru tahun ini. KM Leuser diberikan dispensasi dapat mengangkut penumpang hingga sebanyak 1.592 orang, KM Sirimau sebanyak 1.649 orang dan KM Tatamailau sebanyak 1.251 orang.

Meski pelni memperkirakan akan terjadi lonjakan penumpang kapal Pelni sekitar 10 persen dari Pelabuhan Paumako Timika pada musim 2018/2019 ini, namun penjualan tiket di Kantor Pelni Timika hingga kini masih belum ramai.

Lihat juga...