Pembinaan Usaha Produktif Manfaatkan Potensi Daerah

Perajin bambu, ilustrasi -Dok: CDN

PALEMBANG – Dinas Sosial Sumatra Selatan, berupaya meningkatkan kegiatan pembinaan masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan usaha produktif, guna mengatasi berbagai permasalahan sosial di provinsi tersebut.

“Pembinaan usaha produktif dilakukan dengan cara mengajarkan keterampilan membuat kerajinan tangan, dengan memanfaatkan potensi yang ada di sekitar lingkungan masyarakat masing-masing kabupaten/kota, serta membantu memasarkannya,” kata Kepala Dinas Sosial Sumatera Selatan, Rasyidin Hasan, di Palembang, Senin (10/12/2018).

Dia menjelaskan, masyarakat di daerahnya yang memiliki potensi tanaman rotan dan bambu, diajarkan membuat beraneka ragam kerajinan dari bahan baku tersebut, begitu juga daerah yang memiliki potensi perikanan, diajarkan mengolah keunggulan daerah tersebut, seperti kerajinan pengolahan ikan asin.

“Setiap daerah memiliki berbagai keunggulan masing-masing, sehingga program pembinaan kegiatan usaha produktif disesuaikan dengan kondisi potensi suatu daerah,” katanya.

Menurut dia, kegiatan pembinaan usaha produktif memanfaatkan potensi daerah dilakukan dalam bentuk kelompok, sehingga lebih mudah dilakukan koordinasi dan pengembangannya.

Dengan pembinaan kelompok, masyarakat memanfaatkan keunggulan lokal menjadi kegiatan usaha produktif yang memiliki nilai jual yang tinggi, diharapkan ke depan bisa meminimalkan permasalahan sosial yang menjadi penghambat pembangunan.

“Komitmen dan keberpihakan pemerintah mengatasi permasalahan sosial tersebut, diharapkan mendapat dukungan dari semua pihak dan lapisan masyarakat, karena masalah sosial membutuhkan perhatian serta penanganan bersama,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...