Pemda Sikka Tempatkan Staf Penghubung di Jakarta

Editor: Koko Triarko

147

MAUMERE – Pemerintah Kabupaten Sikka, telah menyepakati dan akan menempatkan empat orang staf atau pejabat penghubung di Jakarta, untuk memudahkan urusan pemerintah kabupaten dan kementerian serta lembaga di pemerintah pusat.

“Saya telah menyiapkan empat orang pejabat yang paling cakap, cerdas dan berkualitas, untuk ditempatkan di kantor penghubung di Jakarta. Solusi ini diambil, untuk melakukan penghematan anggaran dari pos perjalanan dinas,” kata Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, Jumat (7/12/2018).

Dikatakan Robi, sapaannya, empat pejabat ini akan mulai bertugas pada awal Januari 2019. Langkah ini dilakukan, mengingat besarnya anggaran perjalanan dinas dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk ke Jakarta, berurusan dengan kementerian dan lembaga di pemerintah pusat.

“Pimpinan OPD tidak perlu ke Jakarta dan membutuhkan dana besar untuk konsultasi dan sejenisnya, terkait dengan program kerja yang berhubungan dengan kementerian atau lembaga,” ungkapnya.

Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo. -Foto: Ebed de Rosary

Tugas OPD bisa diteruskan oleh empat pejabat penghubung yang ditugaskan secara resmi oleh pemerintah kabupaten Sikka. Tugas pejabat penghubung ini meliputi pendidikan, prasarana umum, kesehatan, infrastruktur dan lainnya.

“Saya memang bertekad untuk mengefektifkan dan melakukan efisiensi anggaran,” tegasnya.

Salah seorang putra asli Sikka yang menjabat dosen fakultas hukum di Universitas Surabaya, Marianus Garhapung, mengapresiasi langkah yang diambil Bupati Sikka, yang baru menjabat, agar ada penghematan anggaran.

“Langkah ini sangat baik, sehingga dari aspek efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran, riil dan tidak terbuang percuma. Sering pejabat pergi dalam urusan adminsitrasi saja,” ungkapnya.

Dikatakan Marianus, dirinya melihat selama ini pejabat yang pergi ke Jakarta juga bukan untuk urusan yang mendatangkan finansial bagi daerah. Dengan demikian, penempatan pejabat penghubung ini tentunya sangat bermanfaat menghemat waktu dan anggaran.

Tetapi Marianus, berharap agar empat pejabat yang ditempatkan tersebut mempunyai jaringan diplomasi yang bagus dan memiliki kecerdasan. Dengan demikian semua urusan bisa tuntas dikerjakan, dan yang terpenting ada manfaat bagi kabupaten Sikka.

“Hendaknya pejabat yang akan ditempatkan tersebut sangat paham mengenai masalah riil dan mendesak di kabupaten Sikka, sehingga saat berhubungan dengan isntansi di Jakarta bisa diterima dan apa yang diinginkan bisa disetujui,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...