Pemerintah Didesak Segera Perbaiki Irigasi Rusak di Sigi Sulteng

224
Ilustrasi - Kerusakan akibat gempa [CDN]

SIGI — Sejumlah petani di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mendesak pemerintah pusat dan daerah untuk segera memperbaiki kembali jaringan irigasi yang rusak akibat gempa bumi dan likuifaksi pada 28 Sepetember 2018.

“Sudah dua bulan pascagempa bumi dan tsunami yang melanda Kota Palu, Sigi, dan Donggala irigasi belum berfungsi,” kata Paijo, salah seorang petani di Desa Sidera, Kecamatan Sigibiromaru, Kabupaten Sigi, Selasa (4/12/2018).

Ia mengatakan selama ini ada ribuan petani di sejumlah desa di Kecamatan Sigibiromaru, Dolo,Tanambulava, dan Gumbasa yang membutuhkan pasokan air untuk lahan pertanian.

Namun dalam kurun dua bulan terakhir ini, petani tidak bisa lagi mengolah sawah, sebab air di saluran irigasi kering.

Sementara untuk areal persawahan butuh ketersediaan air yang cukup.

Hal senada juga disampaikan Subhan, seorang petani di Desa Jono Oge. Ia juga mengatakan belum bisa menanam padi karena irigasi yang rusak akibat bencana alam tersebut masih belum diperbaiki pemerintah.

Untuk sementara ini, kata dia, rata-rata lahan pertanian tidak diolah. Masalahnya, kata dia, jika diolah untuk ditanami komoditi lain, juga butuh air. Kecuali ada bantuan sumur pompa dari pemerintah.

Di Desa Jono Oge memang ada beberapa petani yang memiliki sumur pompa sehingga mereka tidak mengalami kesulitan air untuk tanaman komoditi hortikultura.

“Kalau untuk sawah, sama sekali belum bisa ditanam karena butuh pasokan air yang cukup,” katanya.

Sejumlah Desa di Kecamatan Sigibiromaru seperti Jono Oge, Sidera, Pombewe, Oloboju, Watunoncu, dan Bora selama ini merupakan sentra produksi pertanian dan sayur-mayur.

Dan rata-rata masyarakat di desa-desa tersebut salama ini mengandalkan hidup dan ekonomi mereka dari hasil pertanian seperti beras, jagung dan kacang-kacangan.

Juga hasil pertanian tanaman hortikultura seperti bawang, tomat, cabai, terong dan berbagai jenis sayuran yang sebagian besar dijual ke Kota Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng dan Kalimantan. [Ant]

Baca Juga
Lihat juga...