Pemkab Bangka Terus Realisasikan Program Vasektomi

185

SUNGAILIAT  – Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melalui dinas berwenang menargetkan peserta vasektomi pada tahun 2019 mencapai 25 orang.

Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Bangka, Boy Yandra, di Sungailiat, Minggu mengatakan, target peserta vasektomi 25 orang itu berdasarkan dari minat masyarakat yang mulai meningkat.

Sementara, target tahun 2018 ini ada tujuh orang peserta dengan capaian 18 orang peserta vasektomi.

“Pemerintah pusat pada tahun 2019 hanya menargetkan tujuh orang atau sama dengan target tahun 2018. Kami optimis target itu dapat terlampaui bahkan mencapai 25 orang,” jelasnya.

Upaya untuk mencapai jumlah peserta vasektomi sebanyak itu, kata dia, pihaknya akan memaksimalkan kerja kader KB yang ada di seluruh desa bekerjasama dengan pihak terkait lainnya.

“Kami akan memaksimalkan kerja kader KB yang ada di semua daerah untuk memberikan pemahaman mengenai manfaat vasektomi. Karena masyarakat terutama pada pria belum semuanya mengetahui mengenai program ini,” jelasnya.

Vasektomi adalah metode kontrasepsi yang dilakukan dengan memotong saluran sperma “vas deferens” yang membawa sperma dari testis ke alat kelamin pria.

“Vasektomi merupakan salah satu bentuk tindakan kontrasepsi pada pria yang bertujuan untuk menekan jumlah kelahiran. Hal ini dilakukan dengan operasi kecil untuk mengikat saluran sperma agar benih pria tidak masuk ke dalam air mani. Maka, orang tersebut tidak bisa membuahi seorang wanita karena tidak terdapat sperma saat terjadi ejakulasi,” jelasnya.

Menurutnya, vasektomi tidak akan mempengaruhi kualitas hubungan seksual kepada pasangan. Bahkan bisa dibilang akan meningkatkan kualitas hubungan intim karena seorang pria tidak harus memakai kondom ketika bersama istrinya.

“Libido seorang pria tetap normal dan tidak menurun. Proses ejakulasi pun tidak mengalami perubahan dan tetap akan mengeluarkan cairan mani,” jelasnya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...