Pemkab Konawe Utara Canangkan Penanaman 24.000 Pohon Penghijauan

130

KENDARI — Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), mencanangkan penanaman 24.000 pohon penghijauan mendukung pemenuhan kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) bertempat di lingkungan perkantoran Bupati Konawe Utara.

“Penanaman pohon penghijauan sebagai rangkaian kegiatan peringatan hari ulang tahun (HUT) Konawe Utara pada 2 Februari 2019. Aksi menanam pohon jangan sekadar menggugurkan kewajiban tanpa pemeliharaan berkelanjutan,” kata Bupati Ruksamin melalui telepon dari Kendari, Jumat (28/12/2018).

Menurut Ruksamin bahwa yang harus menjadi perhatian bukan berapa banyak jumlah bibit pohon yang ditanam, tetapi berapa banyak pohon yang tumbuh.

“Hari ini ada sekitar 1.000 pohon yang kami tanam terdiri dari pohon gaharu, jati lokal, mahoni dan Tabebuya, fokus pada satu titik kawasan rencana ruang terbuka hijau,” katanya.

Pemerintah Konawe Utara merencanakan penanaman pohon pada 24 titik kawasan RTH dengan target satu titik sebanyak 1.000 bibit pohon.

“Penaman pohon yang kami lakukan di 24 titik RTH ini sudah sesuai dengan Rencana Detail Tata Ruang kecamatan sebagai ibu kota kabupaten. Pemerintah telah memetakan peruntukkan setiap jengkal kawasan, baik untuk perkantoran, RTH dan kawasan pemukiman,” katanya.

Juga kawasan jasa dan perdagangan, kawasan pendidikan, rumah ibadah, kawasan pertanian lahan basah, pertanian lahan kering, dan beberapa kawasan peruntukan lainnya.

Ruksamin meminta kepada semua OPD agar ikut berperan dalam menghijaukan semua titik kawasan RTH yang telah ditetapkan karena setiap ibukota kecamatan ada ketentuan yang harus dipenuhi terkait luas kawasan ruang terbuka hijau tersebut. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...