Pemkab Musi Banyuasin Galakkan Budidaya Ikan Hias

198

MUSI BANYUASIN  – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, terus berupaya menggalakkan budi daya ikan hias karena memiliki potensi yang cukup besar.

“Untuk menggalakkan budidaya ikan hias itu, kerja sama dengan Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kelautan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang telah berjalan dengan baik sejak beberapa tahun terakhir dan akan lebih ditingkatkan,” kata Sekretaris Daerah Musi Banyuasin Apriyadi, di Sekayu, Rabu.

Dia menjelaskan, pada 2015 pihaknya berhasil melakukan ekspor ikan hias jenis Botia atau ikan Kecublang hasil budidaya yang dilakukan oleh masyarakat setempat ke sejumlah negara di Eropa.

Keberhasilan masyarakat melakukan budi daya ikan hias itu akan terus didukung dengan melakukan pembinaan yang melibatkan sejumlah instansi pemerintah kabupaten terkait serta berbagai pihak yang ahli di bidang tersebut.

Menurut dia, pengembangan budidaya ikan hias akan didukung secara maksimal, karena hasilnya sudah dirasakan masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta menyumbang devisa negara.

Setelah berhasil membudidayakan ikan Botia, masyarakat akan difasilitasi melakukan pengembangan dengan membudidaya jenis ikan lainnya yang mulai langka seperti ikan belida, dan langli.

Untuk melakukan pengembangan budidaya ikan, telah disiapkan balai benih yang besar dan cukup lengkap, sehingga kabupaten ini dapat semakin maju di bidang perikanan serta mampu menjadi salah satu daerah pemasok ikan nasional dan pengekspor ikan hias. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...