Pemkab Pessel Minta Masyarakat Lestarikan Mangrove dan Cemara Laut

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni/Foto: M. Noli Hendra

PESISIR SELATAN — Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, meminta masyarakat untuk menjaga dan melindungi hutan mangrove dan cemara laut yang tersebar luas di daerah tersebut.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengatakan, keberadaan hutan mangrove dan cemara laut memiliki manfaat yang besar, terutama untuk melakukan perlindungan dan pengamanan pantai dan muara.

“Tanggungjawab untuk menjaga dan merawat tumbuhan itu, bukan saja oleh pemerintah melalui instansi terkait, tapi juga bersama, terutama masyarakat sekitar,” terangnya.

Hendrajoni mengatakan di Kabupaten Pesisir Selatan, program penghijauan pantai yang sudah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir, telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Program untuk menjaga kelestarian dan ekosistem laut itu dilakukan untuk masyarakat juga, maka diminta untuk ikut menjaganya dan jangan hanya lepas tangan,” katanya, Rabu (26/12/2018).

Harapan itu disampaikannya karena banyak manfaat yang akan diperoleh oleh masyarakat bila tanaman itu tumbuh dan terpelihara. Selain bisa menjadi indah, juga akan membuat ikan senang berkembang biak.

Disebutkan, di daerah itu pihaknya melalui berbagai program telah melakukan penghijauan di beberapa lokasi melalui penanaman mangrove dan cemara laut. Di antaranya, di Pantai Ampiangparak Kecamatan Sutera, Pantai Sungaisirah, Pantai Sumedang, Pantai Nyiur Melambai, dan beberapa lokasi lainya.

“Karena program penghijauan pada beberapa lokasi yang dilakukan tersebut dapat terlaksana dengan baik dan juga didukung oleh masyarakat, sehingga secara bertahap kondisi pantai Pessel sudah semakin membaik. Dari itu dukungan dari masyarakat sangat diharapkan, baik saat ini, maupun di masa datang,” tutupnya.

Sehubungan dengan hutan mangrove dan cemara laut, ada sebuah komunitas yang memiliki peran dalam pengembangan hutan mangrove dan cemara laut.

Seperti dikatakan oleh Ketua Laskar Pemuda Peduli Lingkungan, Haridman kepedulian komunitasnya terhadap lingkungan dan abrasi pantai berawal dari ketika dirinya datang ke Dewata Bali.

Lihat juga...