Pemkot Bekasi Persiapkan Sekolah Khusus Penyandang Disabilitas

Editor: Makmun Hidayat

258

BEKASI — Walikota Bekasi Rahmat Effendi, terus melakukan inovasi dibidang pendidikan dengan membangun sekolah khusus bagi penyandang disabilitas. Hal itu sebagai menjawab tantangan Presiden RI untuk mengembangkan kreativitas di setiap daerah.

“Ini merupakan gebrakan setelah peringatan hari disabilitas kemarin di Kota Bekasi,” kata Rahmat Effendi, saat meninjau lokasi pembangunan sekolah khusus penyandang disabilitas di Kelurahan Margajaya, Bekasi Selatan, Selasa (4/11/2018).

Sekolah khusus bagi penyandang disabilitas di Kota Bekasi, memanfaatkan lokasi di belakang Pengadilan Negeri (PN) Bekasi komplek Margajaya, tepatnya di Jl. Pramuka, yang dulunya adalah SD Margajaya III.

“SD Margajaya III, saat ini sudah dimerger dari beberapa SD Margajaya, dan ini ex SD Margajaya I, IV dan V kita jadikan SMP yang terdapat 24 RKB dengan kemungkinan menampung kurang lebih 400 siswa,” jelas Rahmat Effendi.

Disamping SD tersebut lanjutnya, tepat di sebelahnya akan dijadikan sekolah khusus bagi penyandang disabilitas kurang lebih ada 6 ruang kelas baru (RKB). Sekolah tersebut akan diperuntukkan untuk Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama dengan luas lahan 38×31 meter.

“Untuk anggaran akan diambil dari dana APBD dialokasikan kurang lebih Rp.3 miliar,” ujar Walikota Bekasi.

Dia mengaku, sebagai sekolah khusus ada beberapa fasilitas yang harus dipersiapkan seperti tangga ataupun klosetnya juga khusus karena diperuntukkan bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus.

“Ini digagas pada saat bersama Pak Jokowi kemarin, saat hadir di Kota Bekasi, dan kita baru sadar ternyata banyak anak-anak kita yang butuh sekolah khusus, sebenarnya itu juga tercetus sebagai salah satu janji kampanye jadi sekarang saya realisasikan,” tandasnya.

Dia berharap, semua anak-anak di Kota Bekasi mendapatkan hak yang sama dalam bidang pendidikan, agar mewujudkan visi Kota Bekasi cerdas.

Baca Juga
Lihat juga...