Pemkot Kupang Ingatkan Distributor tidak Timbun Kebutuhan Pokok

Kios-kios penjualan sembako dan bahan kebutuhan lainnya. Foto : Ebed de Rosary

KUPANG — Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, meminta para distributor untuk tidak menimbun kebutuhan pokok jelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

“Kami sudah mengingatkan pada distributor kebutuhan pokok di agar tidak melakukan penimbunan barang yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk merayakan Natal 2018,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Kupang, Yeri Padji Kana ketika dihubungi di Kupang, Kamis (13/12/2018).

Ia mengatakan, apabila terjadi penimbunan barang maka akan berdampak pada kenaikan harga di pasaran sehingga dapat menimbulkan keresahan para konsumen di ibu kota provinsi NTT itu.

Menurut Yeri, pemerintah akan memberikan tindakan tegas terhadap distributor yang nakal apabila diketahui melakukan penimbunan barang kebutuhan pokok menjelang perayaan hari raya Natal 2018.

“Kami pastikan akan memberikan sanksi tegas terhadap distributor yang melakukan penimbunan barang bahan pokok. Kami tidak akan memberikan toleransi terhadap distributor nakal yang ingin mendapatkan keuntungan dengan melakukan penimbunan barang bahan pokok. Jangan melakukan penimbunan hanya untuk mendapatkan keuntungan,” tegasnya.

Menurutnya, pemerintah Kota Kupang bersama instansi terkait akan mengintensifkan pemantauan ke gudang-gudang milik distributor di Kota Kupang guna mengetahui ada tidaknya penimbunan bahan pokok.

Yeri mengatakan, berdasarkan pemantauan dilakukan Disperindag Kota Kupang harga beberapa kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, tepung terigu masih stabil.

“Harga sembako yang dijual di beberapa pasar modern di Kota Kupang masih stabil dan belum ada kenaikan harga,” kata Yeri. [Ant]

Lihat juga...