Pemprov Jateng Berangkatkan Transmigran ke Sumbar

SEMARANG  – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberangkatkan 100 kepala keluarga dari beberapa daerah untuk mengikuti program transmigrasi di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Pemberangkatan ratusan transmigran tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Tengah dengan didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jateng Wika Bintang, dan Direktur Pembangunan Permukiman Transmigrasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Sofyan Hanafi, di Gedung Transito, Tugu, Kota Semarang, Senin.

Ganjar berpesan kepada para transmigran agar selalu menjaga kerukunan, baik di kalangan pendatang maupun penduduk setempat.

“Pesan saya cuma satu, guyub rukun dan yang penting ‘atine ayem’, ‘ojo’ pelit,” katanya.

Ganjar berharap dengan program transmigrasi yang didanai pemerintah pusat, Pemprov Jateng dan pemerintah kabupaten/kota asal serta tujuan transmigrasi itu mampu mengubah kehidupan para transmigran menjadi lebih baik.

Di hadapan para calon transmigran yang berasal dari 24 kabupaten di Jateng tersebut, Ganjar mengungkapkan pernah mengunjungi lokasi transmigrasi di Kabupaten Sijunjung.

“Saya sudah ke sana untuk melihat lokasi, saya senang dengan suasana alam yang sangat asri dan lokasi yang menjadi lahan transmigrasi memiliki potensi alam yang luar biasa. Lahan subur yang terdapat di sana dapat diolah menjadi pertanian yang menguntungkan,” ujarnya.

Lihat juga...