Pemprov Kalsel Intensif Kembangkan Program Unggulan Daerah

192

BANJARMASIN  – Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, meminta seluruh pihak terkait berupaya membantu mengembangkan program unggulan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sahbirin Noor di Banjarmasin, Senin, mengatakan,Kalsel bukan hanya kaya dengan sumber daya alam, tetapi juga kaya dengan beragam produks kerajinan daerah. Setiap kabupaten/kota di Kalsel memilki produk unggulan, baik itu kuliner, kerajinan maupun berbagai produk mupun potensi daerah lainnya.

“Kalsel memiliki beragam produk yang tersebar di 13 Kabupaten/Kota, seperti kue apam di Barabai, dodol dan katupat di Kandangan, batu permata di Martapura, kain sasirangan, serta beragam produk lainnya,” katanya.

Produk-produk tersebut, kata dia, kini berkembang cukup bagus, namun masih perlu perhatian seluruh pihak terkait, untuk terus meningkatkan kualitasnya, sehingga bisa bersaing dengan produk daerah lain.

Untuk mengembangkan hal tersebut, menurut dia, pemerintah telah berupaya menggaet seluruh pihak terkait, untuk memberikan pelatihan dan upaya melakukan inovasi produk.

Menurut dia, salah satunya adalah dengan mengajak kader TP PKK Kalsel, untuk melaksanakan program kemasyarakatan, terutama dalam peningkatan pemberdayaan perempuan, baik di sektor kesehatan, keterampilan, UMKM dan lainnya.

Sahbirin Noor mengatakan, Tim Penggerak PKK Provinsi Kalsel, mampu menjadi motor penggerak pemberdayaan masyarakat.

Sebelumnya, Ketua TP PKK Prov Kalsel, Raudatul Jannah Sahbirin, mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan perekonomian keluarga, melalui berbagai program pelatihan, yang secara rutin dilaksanakan.

“Ke depan kita harus menempatkan masyarakat sebagai subjek pembangunan, artinya mereka dilibatkan secara langsung dalam pembangunan, bukan sekedar penerima manfaat,” katanya.

Menurut Raudatul, PKK dengan 10 program pokoknya memiliki korelasi dengan pemberdayaan masyarakat.

Ia berharap, melalui pelatihan Pemberdayaan Masyarakat ini, para kader PKK Kalsel semakin cerdas, sehingga dapat memberdayakan masyarakat yang dimulai dari keluarga.

“Harapan saya setelah kegiatan ini, para kader semakin cerdas, sehingga dapat memberdayakan masyarakat yang dimulai dari keluarga,” harapnya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...