Penanganan Sampah di Pesisir Bandarlampung Harus Berkelanjutan

155

BANDARLAMPUNG — Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Daerah Lampung mengingatkan bahwa penanganan sampah di pesisir Kota Bandarlampung harus diselesaikan secara sistematis dan berkelanjutan.

Direktur Eksekutif Walhi Lampung, Hendrawan, menjelaskan bahwa permasalahan sampah ini memang pekerjaan berat bagi Pemerintah Kota Bandarlampung karena sampah di pesisir adalah sampah kiriman dari hulu serta masyarakat masih terlalu apatis terhadap kebersihan lingkungan.

“Kita harus mengedukasi masyarakat sekitar hulu dan pesisir secara terus menerus, agar tidak membuang sampah ke laut,” ujarnya saat dihubungi dari Bandarlampung, Selasa malam (4/12/2018).

Ia menerangkan pemerintah kota juga harus menyediakan infrastruktur yang mendukung pengedukasian tersebut bagi masyarakat, seperti SOKLI harus jalan, serta tempat pembuangan sampah tersedia sehingga menimbulkan kesadaran bagi masyarakat untuk tidak membuang sampah di laut.

Dia menyarankan Pemerintah Kota Bandarlampung harus membuat satuan tugas (satgas) di pesisir yang bertugas dan bertanggung jawab dalam penanganan sampah.

Ia menyebutkan upaya yang dilakukan selama ini hanya pengerukan sampah dari laut ke dasar, namun bukanlah penyelesaian yang efektif bagi Teluk Lampung, mengingat sampah akan timbul lagi.

“Pemasangan jaring di titik-titik tertentu seperti muara serta mulut sungai dapat dilakukan untuk meminimalkan sampah dari hulu ke pesisir,” ujarnya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...