Pengelola Bandara Wamena Dorong Maskapai Siapkan Penerbangan Ekstra

Pesawat penumpang, ilustrasi -Dok: CDN

WAMENA – Pengelola Bandar Udara (Bandara) Wamena, di Jayawijaya, Papua, meminta maskapai membuat penerbangan ekstra. Hal itu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang akan mudik merayakan Natal dan Tahun Baru.

Kepala Bandara Wamena, Rasburhany, mengatakan, saat ini pesawat yang beroperasi di wilayah pegunungan Papua adalah jenis ATR. Hal itu membuat, banyak penumpang yang tidak bisa terangkut. Pesawat jenis ATR hanya bisa mengangkut 70 penumpang untuk satu kali penerbangan. Sementara untuk jenis boeing, bisa mengangkut 130 orang. Dari tiga maskapai yang beroperasi di Bandara Wamena, hanya Trigana yang sudah menambah penerbangan ekstra di Desember ini.

“Ada penambahan satu penerbangan ekstra lagi, khususnya di Trigana, dari yang tadinya tiga kali sehari, dijadikan empat kali sehari. Untuk Wings Air sementara masih dua kali sehari, dan NAM Air sekali dalam sehari,” jelasnya.

Diimbau, jika mendapati adanya penjualan tiket melebihi batas harga normal, untuk segera dilaporkan. “Menyambut Natal, kami menyiapkan Posko, yang mulai beroperasi H-7 sampai H+7,” katanya.

Manajer Aviasi NAM Air Wamena, Jorry, mengatakan, khusus untuk NAM, semua tiket sudah terjual habis hingga 26 Desember. Jika ada oknum yang mengaku menjual tiket NAM Air untuk penerbangan sebelum 26 Desember, hal itu dipastikannya tidak benar. NAM Air tidak menambah penerbangan ekstra pada Desember. “Karena armada kita hanya satu yang beroperasi. Kami sedang mengajukan rute baru Jayapura-Wamena untuk Sriwijaya bukan NAM Air,” katanya.

Jorry menyebut, beberapa hari lalu, ada dua orang yang kehilangan uang jutaan rupiah, karena membeli tiket NAM Air secara daring, dari orang yang tidak dikenal. (Ant)

Lihat juga...