Pengelolaan Dana Desa di Nagan Raya, Belum Efektif

NAGAN RAYA  – Bupati Nagan Raya, Provinsi Aceh, H M Jamin Idham, SE, menilai, pengelolaan dana desa selama empat tahun terakhir di daerahnya belum menyentuh semua aspek, karena hanya berfokus pada pembangunan fisik.

“Padahal ada yang lebih penting yang bisa dimanfaatkan di desa yaitu membangun sumber daya manusia, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di desa masing-masing,” katanya di Nagan Raya, Rabu.

Hal itu disampaikan saat menyampaikan sambutan dan pengarahan pada pembukaan Pagelaran Bursa Inovasi Desa, di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMGP4).

Ia mengemukakan, banyak gampong atau desa di Nagan Raya belum mampu memanfaatkan dana desa secara optimal. Dia menilai, dana desa tidak efektif jika hanya dipergunakan untuk pembangunan fisik.

Ia berharap, untuk ke depan, aparatur desa dengan keterlibatan masyarakat, mampu melaksanakan program pembangunan desa dengan adanya dana dari pemerintah pusat dan sharing APBD untuk menyentuh semua aspek pembangunan sosial maupun ekonomi.

Lihat juga...