Pengelolaan Dana Desa di Nagan Raya, Belum Efektif

NAGAN RAYA  – Bupati Nagan Raya, Provinsi Aceh, H M Jamin Idham, SE, menilai, pengelolaan dana desa selama empat tahun terakhir di daerahnya belum menyentuh semua aspek, karena hanya berfokus pada pembangunan fisik.

“Padahal ada yang lebih penting yang bisa dimanfaatkan di desa yaitu membangun sumber daya manusia, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di desa masing-masing,” katanya di Nagan Raya, Rabu.

Hal itu disampaikan saat menyampaikan sambutan dan pengarahan pada pembukaan Pagelaran Bursa Inovasi Desa, di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMGP4).

Ia mengemukakan, banyak gampong atau desa di Nagan Raya belum mampu memanfaatkan dana desa secara optimal. Dia menilai, dana desa tidak efektif jika hanya dipergunakan untuk pembangunan fisik.

Ia berharap, untuk ke depan, aparatur desa dengan keterlibatan masyarakat, mampu melaksanakan program pembangunan desa dengan adanya dana dari pemerintah pusat dan sharing APBD untuk menyentuh semua aspek pembangunan sosial maupun ekonomi.

Kepala DPMGP4 Nagan Raya, Drs Ujang, M M, menambahkan, pemerintah telah mengucurkan alokasi dana desa (ADD) untuk semua desa di daerah setempat Rp213 miliar untuk suksesnya pembangunan.

Dana yang dikucurkan tersebut bersumber dari APBN Rp213,8 miliar, Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Rp52,6 miliar, serta dana bagi hasil dari Pajak dan Retribusi Daerah sebanyak Rp2,2 miliar.

Kegiatan itu dihadiri oleh ratusan peserta yang terdiri dari unsur FORKOPIMDA, SKPK, unsur Kecamatan, Polsek, Dandramil, PKK, Keuchik, Tuha Peut, TPID, Pendamping Desa Lokal, Pendamping Desa Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Nagan Raya.

Setiap peserta dalam kegiatan tersebut juga diajak untuk melihat tampilan gambar karya inovasi yang telah dilakukan setiap desa di seluruh Indonesia sehingga menjadi sumber inspirasi bagi setiap desa di kabupaten setempat untuk berbenah agar lebih baik. (Ant)

Lihat juga...