Pengetatan Data Pasar Tenaga Kerja Dongkrak Dolar AS

Ilustrasi uang dolar - Dok. setkab.go.id

NEW YORK — Kurs dolar AS sedikit menguat terhadap mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), karena data terkait pekerjaan menunjukkan pengetatan di pasar tenaga kerja AS, menghilangkan kekhawatiran atas perlambatan pertumbuhan ekonomi AS.

Jumlah klaim pendahuluan untuk pengangguran turun pekan lalu ke tingkat terendah hampir 49 tahun, mencapai 206.000 yang disesuaikan secara musiman untuk pekan yang berakhir 8 Desember, menurut statistik yang dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja AS pada Kamis (13/12).

Bersaing penguatan dolar AS, euro memperpanjang keuntungan setelah Bank Sentral Eropa (ECB) mengumumkan pada Kamis (13/12) bahwa pihaknya akan menghentikan pelonggaran kuantitatif (QE) masif yang telah berlangsung selama empat tahun pada akhir Desember.

Inti dari QE, diperkenalkan pada Maret 2015, adalah program pembelian aset lebih dari 2,6 triliun euro (2,9 triliun dolar AS), yang ditujukan untuk menyelamatkan ekonomi zona euro di tengah krisis utang Eropa yang merusak.

Lihat juga...