Permintaan Meningkat, Harga Cabai dan Telur di Purwokerto Naik

184
Ilustrasi - Cabai -Dok: CDN

PURWOKERTO – Harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Manis, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengalami kenaikan. Kondisi tersebut, diduga akibat berkurangnya pasokan dan permintaan yang tinggi.

Dari pantauan di Pasar Manis, Purwokerto, Sabtu (8/12/2018), sejumlah kebutuhan masyarakat yang mengalami kenaikan harga, antara lain cabai merah besar, yang sebelumnya Rp32.500 per kilogram, naik menjadi Rp35.000 per kilogram. Selain itu, harga cabai merah keriting, naik dari Rp30.000 per kilogram menjadi Rp32.500 per kilogram, dan cabai rawit merah yang sebelumnya Rp32.500 per kilogram, naik menjadi Rp35.000 per kilogram.

Salah seorang pedagang, Yuni mengatakan, kenaikan harga cabai terjadi akibat berkurangnya pasokan dari petani. “Informasi yang kami terima dari distributor cabai, hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi dalam beberapa hari terakhir, berdampak pada penurunan produksi cabai di tingkat petani. Banyak cabai yang membusuk akibat hujan sehingga pasokannnya berkurang,” tandasnya.

Di sisi lain, permintaan dari masyarakat terhadap cabai cukup tinggi. Hal itu, berdampak pada kenaikan harga komoditas itu. Kendati demikian, Dia mengatakan, harga bawang merah yang sempat mencapai Rp 33.500 per kilogram, justru turun menjadi Rp31.000 per kilogram.

Selain cabai, kenaikan harga juga terjadi pada daging ayam ras dan telur ayam ras. Hal itu akibat meningkatnya permintaan dari masyarakat. “Harga daging ayam ras saat ini mencapai Rp37.000 per kilogram, beberapa hari lalu masih Rp36.000 per kilogram,” kata salah seorang pedagang, Siti.

Salah seorang pedagang telur, Wasis, mengatakan, harga telur ayam ras saat ini mencapai Rp26.000 per kilogram. “Beberapa hari lalu, harga telur ayam ras masih sebesar Rp25.000 per kilogram, sekarang naik menjadi Rp26.000 per kilogram. Selain karena akhir tahun, permintaan dari masyarakat juga mulai meningkat,” pungkasnya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...